Pemprov terus evaluasi penanganan COVID-19 di Sulteng

id Sekptob

Pemprov terus evaluasi penanganan COVID-19 di Sulteng

Sekprov Sulteng Dr H Moh. Hidayat Lamakarate, MSi (kiri) selaku Ketua Harian Gugus COVOD-19 mengadakan rapat pertemuan dengan Kepala Dinas Kesehatan Sulteng dr. Reny Lamadjido, Sp.PK, MKes, dan Kalak BPBD Provinsi Sulteng Dr Bartholomeus Tandigala , CES. bertempat di Ruang Kerja Sekprov Sulteng di Palu. Selasa (26/5) , (ANTARA/HO-Humas Pemptov Sulteng)

Palu (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah terus melakukan evaluasi untuk memastikan langkah-langkah penanganan dan penanggulangan COVID-19 dan bencana alam di daerah ini.

Untuk itu Sekretaris Provinsi Sulawesi Tengah Dr H Moh. Hidayat Lamakarate, MSi. selaku Ketua Harian Gugus COVOD-19 mengadakan rapat pertemuan dengan Kepala Dinas Kesehatan Sulteng dr. Reny Lamadjido, Sp.PK, MKes, dan Kalak BPBD Provinsi Sulteng Dr Bartholomeus Tandigala , CES. bertempat di Ruang Kerja Sekprov Sulteng di Palu. Selasa (26/5) ,

Kadis Kesehatan Provinsi Sulteng Reny Lamadjido menyampaikan langkah langkah penanganan penanggulangan COVID-19, antara lain penanganan pasien positif COVID-19 di kabupaten dan kpta di Sultenh.

Reny juga menyampaikan bahwa beberapa daerah di Sulteng seperti Kota Palu, Kabupaten Poso dan Buol sudah masuk daerah penyebaran dalam transmisi lokal.

Selanjutnya Kadis kesehatan menyampaikan bahwa kemajuan percepatan kesembuhan pasien COVID-19 sangat menggembirakan , dan saat ini Dinas Kesehatan Provinsi mendorong dinas kesehatan kabupaten dan kota untuk melakukan rapid  tes, seperti di Kabupaten Buol dan Tolitoli yang saat ini melakukan rapid tes untuk 90 orang di Buol dan 80 orang di Tolitoli.

Sementara Kalak BPBD Provinsi Sulteng Bartholomeus Tandigala menyampaikan penanganan bencana alam banjir sudah tertangani dengan baik.

Pada Kesempatan Itu Sekprov Sulteng Hidayat Lamakarate menyampaikan bahwa langkah-langkah yang sudah dilakukan sudah sangat baik dan untuk meningkatkan langkah penanganan itu dilakukabeberapa hal, antara lain Pemerintah Provinsi melalui Gugus Tugas COVID-19 bekerja sama dengan Gugus Tugas COVID-19 Kota Palu akan melakukan Rapid Tes secara massal di Kota Palu.

Sekprov Sulteng meminta Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulteng selaku Wakil Sekretaris Gugus Tugas COVID-19 agar mempersiapkan kegiatan tersebut dengan baik.

Hidayat juga meminta agar dinas kesehatan memastikan penanganan pasien di Buol dan Tolitoli  berjalan dengan baik dan mempercepat  hasil rapid tes yang dilakukan di daerah tersebut.

Selain itu Sekprov Sulteng meminta kepala dinas kesehatan agar hasil rapid tes positip di Kabupaten Banggai Laut segera dilakukan swab tes dengan harapan agar dapat diastikan apakah yang bersangkutan positif COVID-19.

"Kadis kesehatan juga bisa memastikan langkah-langkah penanganan dan penanggulangan COVID-19 daerah lainnya apakah sudah berjalan dengan baik," ujar Hidayat dalam rilis yang disampaikan Biro Humas dan Protokol Pemprov Sulteng, Selasa.

Pada kesempatan itu Sekprov Sulteng meminta Kalak BPBD Sulteng agar terus memastikan penanganan bencana sudah tertangani dengan baik.

"Pastikan pemerintah hadir kalau terjadi bencana dan juga kita harus pastikan minggu ini kita sudah lakukan rapid tes di Kota Palu. Kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada petugas medis dan non medis yang telah berbuat baik dalam menangani bencana alam dan non alam," ujar Hidayat dalam mengakhiri rapat pertemuan tersebut.