Pemkab Sigi sediakan dapur umum penuhi kebutuhan penyintas banjir

id desa rogo,banjir bandang sigi,banjir bandang,banjir sigi,ajmain ramadhan,kabupaten sigi

Pemkab Sigi sediakan dapur umum penuhi kebutuhan penyintas banjir

Kondisi rumah warga Desa Rogo yang terdampak banjir bandang pada Senin malam 14/9. (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, membangun dua dapur umum di Desa Rogo untuk membantu memenuhi kebutuhan penyintas banjir bandang di desa tersebut.

"Iya, Pemkab Sigi membangun dua dapur umum," ucap Sekretaris Desa Rogo, Kecamatan Dolo Selatan, Ajmain Ramadhan, di Sigi, Senin.

Kata Ajmain Ramadhan, dengan tersedianya dua dapur umum tersebut, sangat membantu masyarakat Desa Rogo yang terdampak banjir bandang pada Senin (14/9) malam.

Pemkab Sigi, Pemprov Sulteng dan berbagai pihak, kata dia, turut serta membantu menyediakan logistik untuk kebutuhan konsumsi masyarakat pascabencana yang hingga saat ini warga hidup dalam kesulitan.

Baca juga: Ratusan hektare lahan pertanian Sigi rusak terdampak banjir
Baca juga: Legislator Sulteng desak Pemda segera normalisasi sungai cegah banjir
Baca juga: Bupati Sigi minta korban banjir tabah hadapi bencana alam
Baca juga: BPBD: Banjir di Sigi karena curah hujan tinggi


"Sehingga pemerintah desa tidak lagi berpikir tentang makanan masyarakat/penyintas. Kami atas nama pemerintah desa berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu," kata dia.

Ia menguraikan, terdapat 176 jiwa warga Dusun I dan 67 jiwa warga Dusun II Desa Rogo yang terdampak langsung banjir bandang pada Senin malam pekan lalu.

Kemudian terdapat balita 17 orang, bayi tiga orang, dan lansia 25 orang turut terdampak bencana banjir bandang yang disertai material lumpur dan kayu itu.

Selanjutnya, rumah rusak berat atau tidak lagi dapat dihuni sebanyak 13 unit, dari total 75 rumah yang terdampak berat, sedang dan ringan.

"Sejauh ini warga mengungsi di rumah-rumah keluarga mereka yang tidak terdampak, serta di fasilitas-fasilitas umum," ujarnya.

Selain itu, sarana umum terdiri dari dua MCK umum yang dibangun di desa tersebut rusak berat atau tidak lagi dapat digunakan karena terdampak banjir.

Pemerintah Desa Rogo, sebut dia, telah menyampaikan kondisi tersebut kepada Gubernur Sulteng, Ketua DPRD Sulteng, Bupati Sigi, Ketua DPRD Sigi, dan OPD terkait di tingkat provinsi dan Kabupaten Sigi.
Anak-anak warga Desa Rogo bermain air pascabanjir bandang menerjang desa tersebut pada Senin malam 14/9. (ANTARA/Muhammad Hajiji)
Pewarta :
Uploader : Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar