Rusdy Mastura janji beri perhatian olahraga di Sulteng

id palu, rusdi,futsal , Sulteng

Rusdy Mastura janji beri perhatian olahraga di Sulteng

Rusdi Mastura (tengah) pada acaran kursus wasit futsal di Palu.(Antara/Anas Masa)

Palu (ANTARA) - Calon Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura berjanji jika nanti terpilih menjadi Gubernur Sulawesi Tengah, dirinya akan memberikan perhatian khusus bagi pembinaan dan peningkatan prestasi olahraga di daerah itu.

"Insyah Allah, kalau saya sudah jadi gubernur, maka olahraga menjadi salah satu perhatian saya," katanya saat memberikan arahan di hadapan peserta kursus wasit futsal level-2 daerah dan level -1 nasional di Palu, Selasa.

Rusdy yang merupakan pembina olahraga sepakbola dan futsal di Sulteng itu mengatakan cabang sepakbola dan futsal ke depan diharapkan bisa mengharumkan dan mengangkat kembali prestasi olahraga di tingkat nasional.

Dahulu, kata dia, Sulteng memiliki klub sepakbola yang cukup disegani di tanah air.

"Kita pernah berjaya di cabang sepakbola ketika itu namanya Persipal Palu," kata Rusdy.

Dia berharap sepakbola dan futsal di Sulteng akan kembali bersinar seperti beberapa waktu silam dimana Persipal pernah menerobos masuk dalam Divisi Utama PSSI.

Bukan hanya sepakbola dan futsal, tetapi juga cabang lainnya perlu mendapat perhatian serius agar bisa berbicara di tingkat nasional.

Sementara Sekretaris Umum Pengprov Futsal Sulteng, Syamsuddin mengatakan kursus wasit futsal diikuti sebanyak 28 peserta dari berbagai kabupaten dan kota se Sulteng.

Meski kegiatan tersebut digelar di tengah-tengah pandemi COVID-19, namun antusias peserta cukup mengembirakan.

Syamsuddin mengatakan kegiatan ini antara lain untuk meningkatkan kompentensi SDM wasit futsal di Sulteng sehingga bisa dipercayakan memimpin pertandingan di tingkat nasional.

Ketua Umum KONI Sulteng, Anwar Ponulele menyambut positif dan berharap SDM wasit futsal di daerah ini semakin berkualitas.

Dia juga berharap cabang futsal dan sepakbola ke depan bisa berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON).