Pemprov Sulawesi Tengah membuka seleksi pengadaan CASN 3.890 formasi

id Casn,Pppk,Pemprov sulteng,Gubernur sulteng,Casn sulteng,Rusdi mastura,Sekda Sulteng

Pemprov Sulawesi Tengah membuka seleksi pengadaan CASN 3.890 formasi

Sekretaris Daerah Provinsi Sulteng Novalina Wiswadewa (ANTARA/HO-Dok Pemprov Sulteng)

Palu (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah membuka seleksi pengadaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2023 sebanyak 3.890 formasi yang tersebar di berbagai organisasi perangkat daerah lingkup pemerintah tersebut.

Pembukaan seleksi pengadaan CASN itu tertuang dalam pengumuman Gubernur Sulawesi Tengah nomor: 800/478/BKD-Gub.ST tentang seleksi pengadaan CASN lingkup Pemprov Sulteng tahun 2023.

Dalam pengumuman tersebut diuraikan bahwa 3.890 formasi itu terdiri dari formasi fungsional tenaga guru sebanyak 3.127 formasi, fungsional tenaga kesehatan 243 formasi, fungsional tenaga teknis 520 formasi.

Pengadaan CASN dengan tiga jabatan fungsional tersebut untuk pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Pengumuman itu juga menyebutkan bahwa pendaftaran/registrasi dilaksanakan secara online ke alamat website portal sscasn Badan Kepegawaian Negara (BKN) mulai tanggal 20 September - 9 Oktober 2023.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Sulteng, Novalina menyatakan bahwa Sulteng membuka 375 formasi jabatan arsiparis mulai dari terampil sampai ahli utama.

Pengusulan ini, diyakininya menjadi solusi atas keterbatasan tenaga arsiparis yang dimiliki Pemprov Sulteng. Ia mengakui bahwa sejauh ini pembinaan dan penyelenggaraan kearsipan belum maksimal karena keterbatasan tenaga.

Misalnya, urai dia, di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulteng hanya memiliki sembilan orang pejabat fungsional arsiparis yang dibantu 35 orang tenaga pengelola kearsipan dari unsur ASN dan honorer.

Sementara di perangkat daerah lainnya tambah, ujar dia, hanya RSUD Undata yang memiliki satu orang pejabat arsiparis.