PKK ajak perempuan sukseskan Program Palu Menuju Kota Adipura

id PKK, Diah Puspita, Adipura, Pemkotpalu, perempuan, sulteng

PKK  ajak perempuan sukseskan Program Palu Menuju Kota Adipura

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Palu, Diah Puspita. ANTARA/HO/Humas Pemkot Palu

Palu (ANTARA) -
Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) mengajak kaum perempuan di Kota Palu, Sulawesi Tengah, ikut menyukseskan Program Palu Menuju Kota Adipura.
 
Ketua TP-PKK Palu Diah Puspita di Palu, Jumat mengatakan saat ini Pemkot Palu telah membentuk perempuan Adipura yang juga merupakan bagian dari pemerintah, oleh karena itu perlu keterlibatan dan dukungan guna memicu perempuan-perempuan lain bergerak.
 
"Tugas perempuan Adipura bukan hanya menitikberatkan pada kebersihan saja, tetapi juga keindahan termasuk mengajak perempuan-perempuan lainnya sehingga kota ini bisa hijau, asri, tertib dan akhirnya kita semua bisa merasakan kenyamanan di daerah ini," ujar Diah.
 
Menurutnya, perempuan Adipura harus bisa memberikan edukasi kepada masyarakat, dimulai dari keluarga, tetangga maupun saudara agar bisa memperhatikan kebersihan utamanya lingkungan rumah masing-masing.
 
Oleh karena itu, apa yang menjadi nawa cita pemerintah setempat adalah bagian dari arah pembangunan Palu ke depan menuju palu mantap bergerak sebagai mana visi dan misi Pemkot.
 
"Kita sebagai perempuan di pemerintahan harus memberikan contoh kebersihan di tengah keluarga, terlebih kepada masyarakat luas," ucap Diah.
 
Ia mengemukakan, meskipun di pemerintahan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menjadi leading sektor kebersihan kota, tetapi peran serta masyarakat juga dibutuhkan dalam membangun sinergitas agar tercipta semangat gotong royong, supaya terminimalisir beban pemerintah.
 
Di tengah upaya meraih predikat kota Adipura, Pemkot Palu juga sedang fokus melakukan langkah-langkah konkret dalam menekan laju penyebaran COVID-19 di tengah masyarakat.
 
Beberapa waktu lalu, pemerintah setempat juga telah meluncurkan satu program hari sadar bersih Palu yang nantinya dibakukan setiap tahun pada tanggal 7 Agustus diperingati sebagai momentum kebangkitan gerakan sadar bersih.
 
Meski begitu, Pemkot tetap optimis dapat meraih predikat Adipura ke depan sebagai mana tujuan menjadi kota jasa, harus didukung dengan kebersihan dan keindahan kota.
 
"PKK sebagai mitra pemerintah tentunya mendukung penuh langkah-langkah positif dilakukan Pemkot Palu, termasuk upaya penanganan dan pengendalian COVID-19," demikian Diah.