Bupati Sigi harap Pemprov Sulteng bantu bangun infastruktur

id infastruktur sigi,jalan pertanian sigi,pemkab sigi,bupati sigi ,mohamad irwan,gubernur sulteng,pemprov sulteng

Bupati Sigi harap Pemprov Sulteng  bantu bangun infastruktur

Bupati Sigi Mohamad Irwan (kanan) berdialog dengan Gubernur Sulteng Rusdy Mastura (kiri), di ruang kerja Bupati Sigi. (ANTARA/HO-Biro Administrasi Pimpinan Setda Pemprov Sulteng)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Bupati Sigi, Sulawesi Tengah (Sulteng), Mohamad Irwan mengharapkan bantuan dari Pemerintah Provinsi Sulteng untuk membangun infastruktur di daerah tersebut, dalam rangka percepatan peningkatan ekonomi masyarakat dan daerah.

"Pembangunan infastruktur dapat menjadi salah satu upaya untuk mencegah terjadinya peningkatan dan perluasan inflasi daerah," ucap Bupati Sigi Mohamad Irwan, di Sigi, Selasa.

Bupati Mohamad Irwan mengharapkan Pemprov Sulteng dapat membantu Pemkab Sigi membangun infasturktur berupa jalan kantong produksi pertanian yang berada di wilayah Kecamatan Kulawi Selatan.

"Daerah-daerah potensi pertanian seperti Gimpu, Peana dan Kalamantan yang berbatasan langsung dengan Sulawesi Selatan, sangat membutuhkan infastruktur untuk pertumbuhan ekonomi," sebutnya.

Bupati Mohamad Irwan mengaku telah menyampaikan hal itu dalam rapat koordinasi bersama Pemerintah Provinsi Sulteng yang dipimpin oleh Wakil Gubernur Ma'mun Amir, di Kota Palu.

Bupati Mohamad Irwan juga telah menyampaikan kondisi itu kepada Gubernur Sulteng Rusdy Mastura, saat Mohamad Irwan bersilaturahim dengan Gubernur Rusdy serta saat Gubernur Rusdy Mastura mengunjungi Kantor Bupati Sigi di Dolo.

Bupati Mohamad Irwan optimis bahwa dengan terbukanya jalan-jalan kantong pertanian itu, maka Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi sangat dapat meningkatkan ekonomi masyarakat dan menekan inflasi daerah.

Bupati Mohamad Irwan mengemukakan bahwa Sigi merupakan daerah yang potensial pertanian, dan sebagian besar potensi pertanian itu berada di wilayah yang saat ini masih terisolir, karena belum ada akses jalan.

Akibatnya, masyarakat petani sulit untuk mendistribusi hasil-hasil pertanian mereka ke pasar, utamanya mereka yang berada di wilayah pegunungan.

Karena itu itu, Bupati Mohamad Irwan menyebut minimnya infastruktur jalan ke daerah-daerah yang saat ini masih terisolir, membuat masyarakat petani sulit untuk berkembang dari sisi ekonomi.

"Sebagian besar kecamatan khususnya di wilayah pegunungan masih terisolir disebabkan akses jalan yang sulit," sebut Bupati Mohamad Irwan.
Bupati Sigi Mohamad Irwan (kiri) bersama Gubernur Sulteng Rusdy Mastura (kanan). (ANTARA/HO-Biro Administrasi Pimpinan Setda Pemprov Sulteng)
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar