Pemkab Sigi tingkatkan infastruktur jalan-jembatan dan irigasi

id Prmkab Sigi,Bupati Sigi,Mohamad Irwan,Jalan sigi,Jembatan sigi,Irigasi sigi

Pemkab Sigi  tingkatkan infastruktur jalan-jembatan dan irigasi

Bupati Sigi Mohamad Irwan di sela-sela talkshow HUT Ke 14 Kabupaten Sigi, di Kantor Bupati Sigi, di Dolo, Senin (27/6/2022). (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, terus meningkatkan pembangunan infastruktur jalan, jembatan dan irigasi, untuk menopang pengembangan dan distribusi produk hasil pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan.

"Pembangunan infastruktur jalan dan jembatan serta irigasi pertanian menjadi prioritas dalam penyelenggaraan pembangunan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi," kata Bupati Sigi Mohamad Irwan, di sela - sela talkshow HUT Ke 14 Kabupaten Sigi, berlangsung di Kantor Bupati Sigi, Senin.

Mohamad Irwan mengemukakan Sigi merupakan daerah yang memiliki sumber daya alam melimpah pada sektor pertanian, perkebunan, kehutanan, perikanan dan peternakan.

Pengembangan dan distribusi hasil - hasil sumber daya alam itu, kata dia, perlu ditopang dengan peningkatan infrastruktur seperti jalan, jembatan dan irigasi.

"Hasil - hasil pertanian, perkebunan, kehutanan dan peternakan, perikanan, akan bernilai tinggi jika dikelola dengan baik serta didukung dengan infrastruktur dan sarana distribusi," ucapnya.

Ia menguraikan, selama tahun 2021 Pemkab Sigi melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan melakukan pemantapan jalan sebesar 69,82 persen dengan nilai anggaran sebesar Rp63,6 miliar.

Dengan alokasi anggaran tersebut, ia menerangkan, Pemerintah Kabupaten Sigi melakukan pembangunan jalan sepanjang 2,54 kilo meter, rehabilitasi jalan 14,29 kilo meter, pemeliharaan jalan 52,20 kilo meter, pembangunan jembatan 255 meter dan rehabilitasi jembatan 439 meter serta pemeliharaan jembatan 224 meter.

Di samping itu, Pemerintah Kabupaten Sigi juga melakukan peningkatan kualitas jaringan irigasi sejak tahun 2021 dengan total anggaran sebesar Rp9,6 miliar.

Dengan alokasi anggaran tersebut, kata dia, Pemerintah Kabupaten Sigi melakukan normalisasi sungai di 14 desa yang tersebar di enam kecamatan.

Kemudian, restorasi lahan pertanian pascagempa dan likuefaksi Sigi di enam desa tersebar di dua kecamatan, pemeliharaan jaringan irigasi di 27 titik kewenangan Kabupaten Sigi.

Berikutnya, peningkatan kualitas jaringan irigasi primer sepanjang 16,477 meter dan jaringan irigasi sekunder sepanjang 66,171 meter.

"Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi terus berupaya melakukan peningkatan jalan, jembatan dan irigasi, dalam rangka menopang percepatan pembangunan ekonomi masyarakat yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan," ujarnya.
Bupati Sigi Mohamad Irwan (kanan) berbincang dengan Ketua DPRD Sigi Rizal Intjenai (kiri) di sela-sela talkshow HUT Ke 14 Kabupaten Sigi, di Kantor Bupati Sigi, di Dolo, Senin (27/6/2022). (ANTARA/Muhammad Hajiji)