Bank BCA: Desa Malangga Tolitoli salah satu finalis anugerah desa wisata Indonesia

id Wisata, pariwisata, ban BCA, adwi, desa malangga, Tolitoli, sulteng

Bank BCA: Desa Malangga Tolitoli  salah satu finalis anugerah desa wisata Indonesia

Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenpar, Vinsensius Jemadu (baju putih pakai selempang) bersama Kepala Kantor Cabang Utama BCA Palu I Gede Bratha Astawa (ketiga kanan) telah melakukan kunjungan ke Desa Wisata Malangga di Tolitoli, pada Kamis (6/10/2022). ANTARA/HO-Bank BCA

Palu (ANTARA) -
PT Bank Centarl Asia (BCA) Tbk mengatakan Desa Malangga di Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah sebagai mitra bakti BCA menjadi bagian dari 10 desa wisata di Nusantara yang dimasukkan sebagai finalis pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.
 
"Desa wisata ini kami dorong guna menggerakkan roda perekonomian warga setempat supaya penghasilan mereka bertambah dan memberikan dampak kemajuan terhadap desa dan pariwisata Indonesia," kata Head of Corporate Communication & Social Responsibility Hera Fendayani Haryn melalui keterangan tertulisnya diterima di Palu, Rabu (19/10).
 
Ia mengemukakan, 10 desa yang menjadi sasaran pengembangan wisata baru di tanah air yakni Desa Wisata Pecinan Glodok di Jakarta, Desa Wisata Saba Budaya Baduy di Lebak Jawa Barat, Desa Wisata Situs Gunung Padang di Cianjur Jawa Barat, Desa Wisata Semen di Blitar Jawa Timur, Desa Wisata Pahawang di Lampung, Desa Wisata Dayun di Siak Riau, Desa Wisata Silokek di Sijunjung Sumatera Barat (Desa Wisata Binaan Bakti BCA), Desa Wisata Kampung Warna Warna Tigarihit di Simalungun Sumatera Utara, Desa Wisata Kampung Melayu (Benua Melayu Laut) di Pontianak, dan Desa Wisata Malangga di Tolitoli Sulawesi Tengah.
 
Yang mana, ajang ADWI 2022 berhasil menjaring 3.500 desa wisata dari segala penjuru nusantara sebagai peserta, dari jumlah itu 50 desa masuk sebagai finalis, 10 desa wisata dipercayakan kepada BCA.
 
Menurut BCA, Desa Malangga memiliki keunikan budaya, khususnya atap rumah warga punya ciri khas dapat dibuka dan ditutup atau sering disebut warga setempat Rumah Langko dan sebagian warga lokal menggunakan atap tersebut untuk memudahkan saat menjemur hasil-hasil bumi, seperti cengkeh.
 
Di sekitar desa, wisatawan dapat mengeksplorasi keindahan alam lainnya, seperti jalur sungai biasa dijadikan tempat wisata pemandian, kemudian tidak jauh dari situ terdapat air terjun Malane yang juga tidak kalah indah.  
 
"BCA akan melakukan pendampingan dan pembinaan intensif terhadap 10 desa binaan selama kurang lebih satu tahun. Kami juga berterima kasih kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno karena desa binaan BCA masuk sebagai finalis di ajang ADWI 2022," tutur Hera.
 
Ia mengatakan, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenpar Vinsensius Jemadu bersama Kepala Kantor Cabang Utama BCA Palu I Gede Bratha Astawa telah melakukan kunjungan ke Desa Wisata Malangga di Tolitoli pada Kamis 6 Oktober 2022.
 
Dari kunjungan itu, fasilitas wisata yang ditawarkan di Desa Malangga sudah disesuaikan dengan standar pariwisata salah satunya penginapan termasuk pemandu wisata, sehingga dapat mendorong jumlah wisatawan berkunjung.
 
Menurutnya, pendampingan dan pembinaan guna mempercepat terjadinya transformasi yang berkesinambungan dalam mengubah wajah desa-desa tersebut menjadi destinasi bertaraf internasional, dengan dengan tetap mempertahankan ciri khas masing-masing.
 
Desa yang menjadi sasaran ditinjau dari ditinjau dari keanekaragaman budaya, tradisi dan kekayaan alam yang eksotis.
 
"Kami turut membantu Kemenparekraf dalam mengembangkan potensi desa di Indonesia menjadi destinasi wisata kelas dunia," demikian Hera.