Brimob dan Polres Morut patroli cipta kondisi wujudkan Kamtibmas

id Polisi, Brimob, Kamtibmas, patroli, Morowali Utara, Morut, sulteng

Brimob dan Polres Morut patroli cipta kondisi wujudkan Kamtibmas

Brimob dan Polres Morowali Utara, Sulawesi Tengah melaksanakan patroli cipta kondisi sebagai upaya mewujudkan kamtibmas di daerah tersebut, Sabtu (4/3/2023) malam. ANTARA/HO-Brimob Polda Sulteng

Morowali Utara, Sulteng (ANTARA) -
Personel Brimob Kompi I Batalyon C Pelopor Polda Sulawesi Tengah dan Polres Morowali Utara (Morut) melaksanakan patroli cipta kondisi sebagai upaya mewujudkan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di daerah setempat.


 


"Patroli cipta kondisi rutin dilakukan guna menjaga kondusifitas Kamtibmas di kabupaten itu," kata Komandan Kompi 1 Batalyon C Pelopor AKP Ajrun Gentur Pambudi di Morowali Utara, Selasa.


 


Ia menjelaskan, sebagai aparat penegak hukum sekaligus pengayom masyarakat, Polri memiliki tugas dan fungsi menciptakan situasi yang aman dan nyaman kepada publik.


 


Olehnya, Brimob sebagai bagian dari Polri terlibat dalam operasi-operasi seperti itu, yang mana dalam giat patroli cipta kondisi Polisi mengutamakan preventif.


 


"Di lapangan kalau personel menemukan kerumunan massa selalu mengingatkan hal-hal positif. Langkah ini juga bagian dari sosialisasi Kamtibmas," ujarnya.


 


Menurutnya, melalui giat seperti ini tingkat kriminalitas dapat dicegah sedini mungkin di daerah, apa lagi Morowali salah satu daerah proyek strategis nasional dalam mendukung peningkatan sektor industri tanah air.


 


Sehingga di kabupaten itu, memiliki sejumlah objek-objek vital industri pertambangan yang mana semua pihak perlu mendukung kelangsungannya supaya terbuka lapangan kerja.


 


"Artinya, dengan terbuka lapangan pekerjaan risiko kriminalitas secara tidak langsung bisa ditekan. Dalam giat ini juga tidak menutup kemungkinan personel melakukan penegakan hukum, bila mana ditemukan hal-hal yang bersifat kriminal," kata Arjun.