Dinkes Kota Palu: HKN 2023 momentum tingkatkan mutu layanan

id Dinkespalu, Rochmat Jasin, HKN, Pemkotpalu, walikotapalu, Hadianto Rasyid, wawalipalu, Reny Lamadjido, layanan kesehatan

Dinkes Kota Palu: HKN 2023 momentum tingkatkan mutu layanan

Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid (tengah) didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kota Palu, Rochmat Jasin (kanan) dan Wakil Wali Kota Palu, Reny A Lamadjido (kiri) menghadiri kegiatan puncak Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2023 tingkat Kota Palu, Minggu (12/11/2023). ANTARA/HO-Humas Pemkot Palu

Palu (ANTARA) -
Dinas Kesehatan Kota Palu, Sulawesi Tengah mengatakan Hari Kesehatan Nasional (HKN) tahun 2023 menjadi momentum meningkatkan mutu layanan di seluruh fasilitas kesehatan baik milik pemerintah maupun swasta.
 
"Transformasi kesehatan wajib diwujudkan untuk meningkatkan layanan kesehatan, baik di tingkat sarana dan prasarana penunjang maupun sumber daya manusia (SDM) insan kesehatan," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Palu Rochmat Jasin pada Peringatan HKN ke-59 tingkat Kota Palu, Minggu.
 
Ia menjelaskan, kesehatan salah satu sektor prioritas oleh Pemkot Palu yang mana dari 53 program unggulan pemerintah setempat, kesehatan berada di urutan empat.
 
Oleh karena itu, melalui transformasi tujuan pembangunan kesehatan di Kota Palu dapat tercapai, sebagaimana harapan pemerintah setempat dalam tema pembangunannya yakni mewujudkan Kota Palu sehat dari segi fisik dan mental masyarakat maupun lingkungan.
 
"Mencapai itu semua harus ditunjang dengan kinerja dan kompetensi insan kesehatan, mulai dari tenaga kesehatan, dokter hingga hingga jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis (Dinkes)," ujarnya.
 
Ia memaparkan dalam berbagai kegiatan pelayanan dilakukan, Dinkes Palu membangun kolaborasi lintas sektor, salah satunya kader posyandu dalam menggencarkan promosi kesehatan kepada masyarakat.
 
Selain itu, ada pula program Jumat Sehat dengan model kegiatan yakni pemeriksaan kesehatan gratis dengan sasaran masyarakat di 46 kelurahan di daerah tersebut, yang mana pelaksananya dilakukan secara bergilir.
 
"Kami juga melakukan intervensi pemenuhan gizi anak dan ibu hamil melalui pemberian paket bantuan makanan tambahan maupun vitamin dalam upaya pencegahan dan pengendalian stunting," ucap Rochmat.
 
Dikemukakannya, semua warga berhak mendapat pelayanan kesehatan yang sama tanpa melihat status sosialnya, karena kesehatan merupakan kebutuhan dasar yang harus di penuhi pemerintah sebagai bagian dari mewujudkan kesejahteraan masyarakat.
 
"Jadi tidak ada lagi warga miskin yang tidak bisa memperoleh layanan kesehatan, baik di rumah sakit maupun puskesmas. Saat ini juga sedang dilakukan akreditasi oleh tim Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sebagai bagian dari peningkatan mutu layanan kesehatan kepada masyarakat," tuturnya.
 
Pada puncak peringatan HKN, Dinkes Palu diisi dengan kegiatan jalan sehat bersama insan kesehatan yang dilepas Wali Kota Palu Hadianto Rasyid, yang sebelumnya OPD tersebut juga melakukan berbagai kegiatan lomba.