Kemenkumham-Sulteng ajak warga manfaatkan layanan paspor simpatik

id Kanwil Kemenkumham ,Layanan paspor simpatik ,Hari Bakti Imigrasi ,Sulawesi Tengah

Kemenkumham-Sulteng ajak warga manfaatkan layanan paspor simpatik

Staf Kantor Imigrasi Palu melayani pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Palu, Jumat (12/1/2024). (ANTARA/HO-Humas Kemenkumham Sulteng)

Palu (ANTARA) - Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulawesi Tengah(Sulteng)  Hermansyah Siregar mengajak warga setempat untuk memanfaatkan layanan paspor simpatik akhir yang dilaksanakan setiap akhir pekan selama bulan Januari.

"Layanan ini hadir sebagai salah satu upaya untuk memeriahkan Hari Bakti Imigrasi (HBI) ke-74 tahun 2024 dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," kata Siregar di Palu, Jumat.
 
Ia mengatakan, program ini memberikan kesempatan kepada warga yang ingin mengurus paspor baru atau mengganti paspor yang telah habis masa berlaku di luar hari kerja atau akhir pekan, tanpa perlu mendaftar melalui M-Paspor.

Layanan paspor simpatik menghadirkan layanan penerbitan paspor baru, penggantian paspor yang habis masa berlaku atau halaman penuh, dan pengambilan paspor.

Adapun persyaratan yang dibutuhkan berupa kartu tanda penduduk (KTP), kartu keluarga (KK), dan akta kelahiran.

"Masyarakat bisa membuat paspor di akhir pekan selama bulan Januari. Jadi, kami mengupayakan seluruh layanan imigrasi selalu mudah dijangkau masyarakat, cukup membawa tiga persyaratan dan semua bisa terlayani," kata Siregar.

Menurut dia, layanan ini juga merupakan salah satu upaya untuk memberikan kinerja berdampak yang seluas-luasnya kepada masyarakat.

Ia menyebut, untuk masyarakat Kota Palu dan sekitarnya dapat mendapatkan layanan tersebut di lokasi Car Free Day area Vatulemo Palu pada 14 Januari, dan Kantor Imigrasi Palu pada 20 Januari.

Selanjutnya, untuk wilayah Kabupaten Banggai dan sekitarnya bertempat di Kantor Imigrasi Banggai pada tanggal 13 dan 20 Januari, dengan waktu layanannya dimulai pada pukul 09.00 sampai 12.00 WITA.

"Layanan ini sudah dimulai sejak pekan kemarin, dan berlanjut lagi di pekan ini dan besok. Masyarakat silakan datang langsung dari pukul 09.00 WITA,” katanya.

Kakanwil berharap masyarakat dapat memanfaatkan layanan paspor simpatik ini dengan sebaik-baiknya.