TTG 2017 di Parigi akan sukses seperti Sail Tomini 2015

id Parimo

Wabub Parigi Moutong Badrun Nggai (kiri) mendampingi Asisten Pemerintahan Setdaprov Sulteng Moh Arif Latjuba dalam Rakor Panitia Daerah TTG 2017 di Palu, Jumat (5/5) (Antrasulteng.com/Humas Pemprov)

Acara puncak TTG 2017 akan digelar di Anjungan Kayu Bura, eks Lokasi Sail Tomini 2015.
Parigi (Antarasulteng.com) - Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, akan menjadi tuan rumah acara puncak gelar nasional Teknologi Tepat Guna (TTG) Ke-19 Tahun 2017 yang akan dilaksanakan pada 27 September 2017.

Wakil Bupati Parigi Moutong Badrun Nggai yang dihubungi di Parigi, Senin, mengatakan pihaknya siap menyukseskan kegiatan nasional itu di bawah arahan Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola.

Sesuai petunjuk panitia pusat dari Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi, rangkaian acara TTG ke-19 di Sulawesi Tengah akan berlangsung dari tanggal 25-30 September, sedang puncaknya pada 27 akan dihadiri Presiden Joko Widodo di lokasi eks Sail Tomini 2015, Anjungan Pantai Kayu Bura, Kabupaten Parigi Moutong.

"Memang acaranya masih agak lama, tapi persiapannya harus dimatangkan sejak dini," kata Asisten Pemerintahan Setdaprov Sulteng Moh Arief Latjuba saat memimpim Rakor Panitia Daerah TTG 2017 di Kantor Gubernur Sulteng di Palu, Jumat (5/5).

Wabub Badrun Nggai berharap TTG ke-19 akan menuai sukses yang serupa dengan Sail Tomini 2015.

"Kami berupaya gelar TTG di Parigi bisa sukses seperti Sail Tomini 2015, karena ini acara nasional kedua bagi Parigi Moutong yang dihadiri langsung Presiden Joko Widodo," ujar Badrun.

Karena itu, jajaran Pemkab Parimo bekerja cepat dengan membuat denah acara, menyiapkan lokasi-lokasi peninjauan, membangun infrastruktur komunikasi dan mendata hotel-hotel serta `homestay` yang layak huni bagi kontingen TTG se-Indonesia.

"Untuk hotel sudah terdata 36 buah dengan kapasitas 444 kamar sedang homestay sebanyak 379 dengan 660 kamar," kata suami Derry Djanggola yang saat ini menjabat Pelaksana Tugas Setdaprov Sulteng itu.

Saat berkunjung ke Parigi nanti, kata Badrun, pihaknya akan mengajak Presiden melakukan panen raya padi, udang dan bandeng di Desa Dolago serta meninjau lokasi pembangunan pembangkit listrik ramah lingkungan di Desa Jono Nunu.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Sulteng Maia Malania Noor pada kesempatan terpisah mengatakan momentum TTG harus dimanfaatkan secara maksimal untuk menanamkan penguasaan teknologi pada masyarakat guna optimalisasi pemanfaatan sumber daya alam lokal yang berwawasan lingkungan.

Beberapa acara yang akan digelar selama TTG, kata Malania Noor antara lain pameran potensi daerah dan alat TTG unggulan antarprovinsi di lokasi sirkuit Panggona, Kota Palu, lokakarya TTG dan rakor teknis Dinas PMD se-Indonesia dan widyawisata teknologi ke sumber air panas Bora, Kabupaten Sigi.

Thema TTG ke-19 Tahun 2017 adalah "Melalui Gelar TTG Nasional, Kita Tingkatkan Kreatifitas Dan Inovasi Desa Dalam Rangka Mewujudkan Kemandirian Dan Kesejahteraan Masyarakat Menuju Desa Membangun Indonesia." 

Editor: Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar