KPU Kabupaten Sigi tetapkan nomor urut empat paslon pilkada 2024

id Kabupaten Sigi ,Pilkada,Sulawesi Tengah ,Kpu Sigi ,Komisi Pemilihan Umum

KPU Kabupaten Sigi tetapkan nomor urut empat paslon pilkada 2024

Empat pasangan calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Sigi pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024, Senin (23/9/2024) saat pengambilan nomor urut Pilkada 2024. ANTARA/ MOH SALAM

Sigi, Sulteng (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, melaksanakan rapat pleno terbuka dengan agenda penetapan nomor urut pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Sigi pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak tahun 2024 di daerah itu.
 
Ketua KPU Kabupaten Sigi Soleman di Dolo, Senin, mengatakan berdasarkan tata tertib pleno terbuka bahwa sebelum pengambilan nomor urut maka didahului dengan proses pengambilan nomor antrean oleh masing-masing calon wakil bupati.

Hasil pengundian KPU Kabupaten Sigi nomor urut satu (1) diperoleh pasangan Moh Rizal Injtenae dan Samuel Yansen Pongi, nomor urut dua (2) disematkan kepada pasangan Agus Lamakarate dan Semuel Riga.

Selanjutnya untuk nomor urut tiga (3) diperoleh pasangan Nirwansyah Parampasi dan Hesty Yulita, serta nomor urut empat (4) untuk pasangan Husen Habibu dan Ajub Willem Darawia. 
 
Pengambilan nomor antrean sebelum untuk nomor urut itu diambil oleh masing-masing calon wakil bupati, yaitu Samuel Yansen Pongi, Ajub Willem Darawia, Semuel Riga dan Hesty Yulita, " kata Soleman. 
 
Untuk pengambilan nomor urut paslon bupati dan wakil bupati pertama kali oleh pasangan Agus Lamakarate dan Semuel Riga, dilanjutkan pasangan Nirwansyah dan Hesty Yulita, pasangan Moh Rizal Injtenae dan Samuel Yansen Pongi serta terakhir pasangan Husen Habibu dan Ajub Willem Darawia. 
 
"Nomor urut yang telah dicabut masing-masing paslon dituangkan dalam berita acara dan kami tetapkan dalam keputusan KPU Kabupaten Sigi," ucapnya.
 
Berdasarkan jadwal tahapan Pilkada 2024 dilanjutkan masa kampanye mulai 25 September-23 November 2024, selanjutnya masa tenang selama tiga hari sebelum pelaksanaan pemungutan suara pada 27 November 2024.
 
Diketahui pasangan Moh Rizal Injtenae dan Samuel Yansen Pongi dengan nomor urut satu diusung tiga partai politik yaitu Partai Golkar, PDIP dan PBB, selanjutnya pasangan Agus Lamakarate dan Semuel Riga dengan nomor urut dua didukung empat parpol yaitu Partai Nasdem, Gerindra, PSI dan Partai Gelora.
 
Kemudian pasangan Nirwansyah Parampasi dan Hesty Yulita dengan nomor urut 3, diusung empat parpol yaitu PAN, Partai Perindo, PKB dan PPP, serta pasangan Husen Habibu dan Ajub Willem Darawia dengan nomor urut empat didukung dua partai politik yaitu Partai Demokrat dan PKS.