TNI Berupaya Majukan Olahraga Berkuda Di Sulteng

id kuda

TNI Berupaya Majukan Olahraga Berkuda Di Sulteng

Ilustrasi. (ANTARASulteng/Mohamad Hamzah)

Palu,  (antarasulteng.com) - Tentara Nasional Indonesia (TNI) ikut memikul tanggung jawab memajukan prestasi berbagai cabang olahraga di tanah air, dan khusus di Sulawesi Tengah, salah satu cabang yang dibina adalah olahraga berkuda.

Guna memajukan cabang olahraga berkuda itu, TNI menggelar lomba pacuan kuda di arena pacuan kuda, Kelurahan Petobo, Kecamatan Palu Selatan, 30 September sampai 1 Oktober 2017, kata Dandim Donggala Letkol Kav I Gde Massa di Palu, Sabtu.

Kegiatan yang dihelat untuk memeriahkan HUT ke-72 TNI itu akan memperebutkan Piala Dandim 1306/Donggala dan berbagai hadiah lainnya seperti sepeda motor, bekerja sama dengan Kaili Novangga Stabel.

"Kami juga memilki peran memajukan olahraga. Ya, salah satunya pacuan kuda ini dan olah raga ini banyak diminati masyarakat di Sulawesi Tengah, khususnya Kota Palu," kata Gde Massa di sela lomba itu.

Ia menjelaskan bahwa masyarakat Sulteng selalu antusias mengikuti kejuaraan pacuan kuda, terbukti dalam beberapa kali lomba dilaksanakan, banyak sekali yang mendaftarkan kudanya jadi peserta dan penontonnya pun luar biasa.

Kejuaraan ini diharapkan menjadi wahana untuk menyaring bakat atlet-atlet berkuda di Sulteng untuk berlaga di kejuaraan-kejuaraan lainnya yang lebih menantang bahkan hingga kejuaraan nasional (Kejurnas).

"Olahraga ini saya kira sudah cukup memasyarakat. Sejak lama olahraga ini diminati, apalagi di Kota Palu dan sekitarnya. Pacuan kuda menjadi salah satu olahraga cocok dengan karakter masyarakat kita," tuturnya.

Karena itu perlu meningkatkan iven-iven poerlombaan berkuda agar masyarakat selalu mempunyai kesempatan untuk menguji kemahirannya.

Loma pacuan kuda memperebutkan Piala Dandim 1306/Donggala ini diikuti 40 peserta dan dibagi dalam beberapa kelas.

Akan digelar pula partai tambahan nonkejuaraan untuk mempertontonkan show jumping dan jungle riding menggunakan kuda-kuda frestyle yeng telah disediakan penyelenggara. (skd)