FKUB Gandeng PT Wujudkan Perdamaian Di Poso

id Fkub

FKUB Gandeng PT Wujudkan Perdamaian Di Poso

Anggota FKUB Sulteng Dr H Muhtadin Dg Mustafa memimpin jalannya dialog kebangsaan dan kerukunan keberagamaan di Unsimar Kabupaten Poso, Jumat 17/11. (Muhammad Hajiji/antarasulteng.com)

Poso, (Antarasulteng.com) - Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Sulawesi Tengah melibatkan perguruan tinggi (PT) untuk perdamaian di Kabupaten Poso.

Anggota FKUB Sulteng Dr Muhtadin Dg Mustafa menyatakan FKUB melibatkan Universitas Sintuwu Maroso (Unsimar) di Poso Kota dan Sekolah Tinggi Theologia Poso di Pamona.

"Perguruan tinggi di libatkan oleh FKUB untuk menangkal tumbuh dan berkembangnya gerakan radikalisme dan intoleransi," ungkap Dr Muhtadin Dg Mustafa, Sabtu.

Kata Muhtadin pelibatan perguruan tinggi digagas FKUB dalam program kunjungan persaudaraan, yang tidak hanya sekedar bersilaturahmi dengan dua PT tersebut.

Melainkan, berdialog dengan pimpinan perguruan tinggi yang melibatkan tokoh - tokoh agama di wilayah Pamona dan Poso.

Hal itu untuk membangun komitmen kebangsaan dengan seluruh tokoh lintas agama dan akademisi mewujudkan perdamaian.

"Perguruan tinggi akan terlibat dalam kegiatan akademisi misalkan kajian dan penelitian untuk pendalaman kearifan lokal, yang bermuara pada menangkal radikalisme," ujarnya.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu ini menerangkan, kajian akademisi akan menjadi rujukan untuk pelaksanaan program melawan radikalisme, untuk mewujudkan perdamaian.

Perguruan tinggi, urai dia menjadi komponen ilmiah yang sangat strategis untuk memberikan pemahaman keberagaman dan keberagamaan.

"Seluruh perguruan tinggi di Indonesia telah berkomitmeb untuk melawan radikalisme, saat deklarasi di Bali. Ini merupakan tindak lanjut dari komitmen kebangsaan itu," urainya.

Lanjut dia mengemukakan, program pelibatan perguruan tinggi merupakan skema baru oleh FKUB Sulteng yang diramu dalam konsep persaudaraan.

Sebelumnya FKUB Sulteng memiliki program kunjungan ke rumah - rumah ibadah semua agama untuk membina kerukunan yang berujung perdamaian.

FKUB telah melaksanakan pertemuan di Unsimar Poso di hadiri Wakili Bupati T Samsuri Jumat (17/11). Hari ini FKUB melaksanakan kunjungan persaudaraan di Sekolah Tinggi Theologia di Pamona, Tentena. Kunjungan dua perguruan tinggi tersebut dengan tujuan perkuat konsolidasi organisasi, mengembangkan penelitian PT untuk melawan radikalisme dan perkuat kerukunan beragama.