Pengembang Palu diminta sediakan sarana pemadam kebakaran

id Sudaryano

Pengembang Palu  diminta sediakan sarana pemadam kebakaran

Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Tenaga Kerja Kota Palu, Sudaryano R Lamangkona ( Foto Antara)

Seharusnya pihak pengembang menyediakan fasilitas ataupun sarana pemadaman kebakaran berupa hidran atau bak penampungan air untuk mempermudah akses armada saat melakukan tugasnya bila terjadi musibah kebakaran
Palu, (Antaranews Sulteng) Pemerintah Kota Palu, Sulawesi Tengah, menghimbau seluruh pengembang perumahan di kota itu agar menyediakan sarana dan fasilitas pemadaman kebakaran di lokasi perumahan masing-masing.

"Seharusnya pihak pengembang menyediakan fasilitas ataupun sarana pemadaman kebakaran berupa hidran atau bak penampungan air untuk mempermudah akses armada saat melakukan tugasnya bila terjadi musibah kebakaran," kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Palu, Sudaryano R Lamangkona di Palu, Kamis.

Selain itu, kata Sudaryano, pihak pengembang harus memerhatikan sarana maupun akses jalan dalam suatu kawasan perumahan yang memadai untuk ruang kendaraan roda empat, sehingga jika sewaktu-waktu terjadi kebakaran, petugas pemadam kebakaran tidak kesulitan memadamkan api.

Dalam beberap tahun terakhir ini, tyerjadi perkembangan yang sangat pesat dalam pembangunan perumahan sehingga dimana-mana tumbuh kompleks perumahan baru dengan jumlah unit ratusan rumah.

Mantan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Palu ini memaparkan bahwa sejauh ini baru terdapat enam unit sarana bak penampungan air untuk kepentingan emergensi yang disediakan pengembang perumahan, padahal Kota Palu memiliki banyak sekali kompleks perumahan yang terus menjamur.

Selain itu, ia mendorong agar penyediaan fasilitas dan sarana kebakaran menjadi salah satu syarat pembangunan perumahan di Kota Palu, mengingat risiko kebakaran sangat mengancam keselamatan jiwa.

"Upaya ini untuk meminimalisasi korban jiwa maupun harta benda bila terjadi kebakaran. Banyak hal yang memicu terjadinya kebakaran salah satunya kelalaian, sebelum bepergian pastikan rumah kita aman dari ancaman kebakaran," ujarnya.

Disamping itu, pencegahan kebakaran merupakan tangung jawab bersama dalam rangka menciptakan suasana yang nyaman di tengah masyarakat.