MTI: pengemudi harus dipastikan sehat

id mudik

MTI: pengemudi harus dipastikan sehat

Para penumpang yang akan melakukan perjlanan mudik (Foto Antara/Anas Masa)

Pengemudi kendaraan tidak boleh terkontaminasi dengan barang haram terutama narkoba karena sangat mengganggu dan mengancam keselamatan pemudik
Palu,  (Antaranews Sulteng) - Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Sulawesi Tengah meminta pemerintah memastikan kesehatan para pengemudi sehingga keselamatan perjalanan penumpang angkutan Lebaran terjamin.

Ketua MTI Sulawesi Tengah Taslim Bahar, di Palu, Jumat, mengemukakan pengemudi harus dicek dan dipastikan akan sehat serta tidak mengonsumsi minuman keras atau narkoba hingga ke tempat tujuan,

"Pengemudi kendaraan tidak boleh terkontaminasi dengan barang haram terutama narkoba karena sangat mengganggu dan mengancam keselamatan pemudik," kata Taslim.

Ia menegaskan, untuk mencegah kecelakaan saat perjalanan angkutan mudik, sopir atau pengemudi tidak boleh mengonsumsi minuman keras.

"Karena itu harus ada pemeriksaan yang dilakukan oleh pemerintah, karena ini maslah ini menyangkut dengan nyawa banyak orang," ujarnya.

MTI, urai dia, meminta pemerintah untuk menyediakan tempat=-tempat beristirahat di perjalanan angkutan mudik.

Tidak mungkin kendaraan berjalan terus tanpa ada istirahat, begitu-pula dengan sopir harus diberi waktu dan tempat untuk beristirahat.

"Hal-hal ini jangan dianggap remeh atau sepele. Fasilitas untuk sopir beristirahath, sangat besar manfaatnya," kata Taslim.