Pemkab Tolitoli sediakan kapal mudik gratis

id Kapal

Pemkab Tolitoli sediakan kapal mudik gratis

Ilustrasi, Salah satu kapal cepat yang dimiliki Balai Taman Nasional Kepulauan Togean (TNKT) untuk menjaga kawasan lindung tersebut dari orang yang tidak bertanggungjawab. (Foto:dokTNKT)

Tolitoli, (Antaranews Sulteng) - Pemerintah Kabupaten Tolitoli, Provinsi Sulawesi Tengah, menyediakan angkutan kapal laut gratis bagi pemudik, yang tinggal di beberapa pulau perairan setempat.

Pemberangkatan perdana angkutan kapal laut Lebaran gratis dilepas Wakil Bupati Tolitoli Abdul Rahman Hi Budding bersama sejumlah pejabat setempat pada Rabu dengan menggunakan KM Pulau Salando dari dermaga Pelabuhan Haji Hayun, Tanjung Batu, Kelurahan Baru, Tolitoli.

Wakil Bupati Rahman mengatakan angkutan Lebaran secara gratis ini sengaja disiapkan pemerintah daerah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya yang berdomisili di wilayah pesisir dan kepulauan.

Pemkab Tolitoli, kata Wabup, akan terus bergerak secara dinamis dalam melaksanakan pembangunan, termasuk bidang transportasi dengan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, sehingga perekonomian daerah dapat bergerak pula.

"Memanfaatkan lah sarana jasa angkutan transportasi laut ini secara baik, terutama dalam menunjang kelancaran aktivitas masyarakat," harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Tolitoli Fadjar Suko Syuhadha mengatakan animo masyarakat cukup besar atas angkutan mudik gratis tersebut.

Saat ini, angkutan tersebut masih melayani wilayah kepulauan di Kecamatan Baolan dan Kecamatan Ogodeide.

"Ke depan direncanakan akan membuka jalur pelayaran ke Pulau Simatang, Kecamatan Dampal Utara," katanya.

Sebagai perangkat daerah yang bertanggung jawab dalam urusan transportasi, Fadjar mengaku pihaknya bersyukur dapat melayani kebutuhan transportasi masyarakat di wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil dalam rangka angkutan Lebaran 2018.

"Ini sangat membantu masyarakat, utamanya dalam memenuhi kebutuhan Lebaran yang harus diperoleh di Kota Tolitoli," ujarnya.