IAIN Palu maksimalkan persiapan pelaksanaan AICIS KE-18

id iain,aicis

IAIN Palu maksimalkan persiapan pelaksanaan AICIS KE-18

Rektor IAIN Palu Prof Sagaf Pettalongi MPd menyampaikan arahan pada rapat koordinasi panitia AICIS, di Sekretariat Panitia AICIS, Selasa 26 Juni 2018 (Antaranews Sulteng/ Muhammad Hajiji)

Palu,  (Antaranews Sulteng) - Institut Agama Islam Negeri Palu, Sulawesi Tengah memaksimalkan persiapan menjelang pelaksanaan Konferensi Internasional Islam bertajuk "Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS)" ke-18 tahun 2018.

Rektor IAIN Palu Prof Sagaf Pettalongi MPd pada rapat koordinasi panitia AICIS, Selasa mengatakan panitia harus fokus dan serius memantapkan persiapan pelaksanaan kegiatan skala internasional dan nasional itu.

"Ada beberapa hal yang perlu di perhatikan untuk memaksimalkan kinerja panitia dalam rangka menyukseskan AICIS, salah satunya yaitu komposisi struktur panitia," ucapnya.

AICIS ke-18 direncanakan digelar pada tanggal 17-21 September 2018 di Palu. IAIN Palu sebagai tuan rumah, bersama Kementerian Agama berencana menghadirkan Presiden Joko Widodo membuka kegiatan tersebut.

Karena itu, Prof Sagaf Pettalongi akan mengambil kebijakan memperbaharui komposisi panitia lokal jelang pelaksanaan AICIS ke-18.

Pembaruan komposisi panitia dipandang perlu dilakukan, dengan beberapa alasan salah satu-nya yakni Ketua Panitia AICIS ke-18 Prof Dr H Syahabuddin telah dilantik oleh Menteri Sosial sebagai Staf Ahli Menteri pada Kementerian Sosial.

"Kita harus bekerja keras, bekerja semaksimal mungkin. Bekerja se-efisien mungkin, karena volume dan banyaknya muatan kerja yang harus di siapkan oleh panitia," ujarnya.
 
Rapat koordinasi panitia AICIS, di Sekretariat Panitia AICIS, Selasa 26 Juni 2018 (Antaranews Sulteng/ Muhammad Hajiji)

Wakil Ketua Umum Majelis Ulams Indonesia Sulteng itu menekankan kepada panitia untuk segera mempersiapkan dan memantapkan lokasi arena pembukaan AICIS.

Tidak hanya itu, ia juga menekankan kepada panitia khususnya masing-masing penanggung jawab bidang agar segera mempersiapkan tempat nginap tamu undangan yang di perkirakan mencapai kurang lebih 500 orang.

"Penanggung jawab penjemputan tamu, juga harus segera melakukan langkah-langkahnya. Berkoordinasi dengan pihak Bandar Udara Mutiara Sis Aljufri mengenai teknis penjemputan tamu," sebut Prof Sagaf.

Ia mengutarakan bahwa seluruh kendaraan baik milik Pemprov Sulteng, dan Pemkot Palu serta kendaraan dinas IAIN Palu akan di kerahkan untuk menjemput tamu.

"Kita telah membangun koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Sulteng dan Pemkot Palu dalam hal pelaksanaan dan menyukseskan AICIS. Pemerintah akan membantu menyediakan kendaraan serta keperluan lainnya," urainya.

Lanjut dia menguraikan bidang-bidang antara lain meliputi publikasi, konsumsi dan lainnya untuk segera melakukan tugas dan tanggung jawabnya demi kelancaran dan kesuksesan AICIS.

AICIS merupakan kegiatan skala nasional dan internasional di Kementerian Agama yang melibatkan seluruh perguruan tinggi dibawah kementerian tersebut.

Baca juga: Kemenag hadirkan Presiden buka AICIS di Palu
Baca juga: Kemenag minta panitia tingkatkan promosi AICIS