KPU Parigi Moutong ingatkan KPPS kerja maksimal hadapi pemilu

id Parimo,pilkada,kpu

KPU Parigi Moutong ingatkan KPPS kerja maksimal hadapi pemilu

Ilustrasi, Pilkada Serentak (ANTARA News/Ridwan Triatmodjo/)

Parigi (Antaranews Sulteng) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah mengingatkan Panitia Pemungutan Suara (PPS) agar bekerja lebih maksimal menghadapi Pemilihan Umum 2019.

"Jadwal dan tahapan Pemliu saat ini terus berjalan, olehnya penyelenggara di tingkat kecamatan maupun desa lebih memperhatikan tugas dn fungsinya," kata Ketua KPU Parigi Moutong Iqbal Bungadjim usai pelantikan anggota PPS Desa Silanga Kecamatan Siniu, Senin.

Tahapan Pemilu serentak 2019 sudah sampai pada pengumuman Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan saat ini sudah masuk pada tangapan masyarakat terkait daftar calon sementara sebelum ditetapkan menjadi daftar calon tetap.

Menurutnya, peran PPS sangat penting dan strategis sekaligus menjadi ujung tombang penyelenggara pesta demokrasi tersebut sehingga perlu sinergitas antara penyelenggara di tingkat kabupaten, kecamatan maupun desa agar proses penyelenggaraan pemilu berjalan baik sesuai harapan.

Iqbal mejelaskan menjadi seorang penyeenggara dibutuhkan integritas tinggi seusia apa yang diucapkan pada saat pengambilan sumpah, maka sebagai penyelenggara harus mementingkan kepentingan negara  di atas kepentingan pribadi amupun golongan.

Menurut Iqbal, Pemilu kali ini memiliki tantangan cukup berat karena dilaksanakn secara serentak mulai dari pemilihan Presiden dan wakil Predisden, Anggota DPR, DPRD dan DPD dilaksanakan pada 17 April 2019.

"Banyak yang bilang Pemilu ini Pemilu tersulit karena dilaksanakan serentak, dan Indonesia negara pertama melaksanakan. Olehnya kita sebagai penyelenggara harus berpegang pada aturan dan perundang-undangan setiap kali melaksanakan tahapan," ucapnya.

Kata Iqbal, Kecamatan Siniu salah satu kecamatan yang sukses melaksanakan Pilkada pada 27 Juni lalu,diharap kesuksesan itu terulang kembali di Pimlu nanti.