Menteri Pertanian akan panen padi di Parigi Moutong

id Mentan,parimo,panen padi

Menteri Pertanian akan panen padi di Parigi Moutong

Menteri Pertanian Amran Sulaiman diperkenalkan saat pengumuman Kabinet Kerja yang dipimpin Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (26/10). Kabinet Kerja yang dipimpin Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla terdiri dari 34 menteri. (ANTARA FOTO/Andika Wahyu)

Palu (Antaranews Sulteng)  - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dijadwalkan mengunjungi Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, Kamis (1/11)  untuk melakukan panen padi.

"Panen padi akan berlangsung di Desa Kasimbar Palapi, Kecamatan Kasimbar di lahan seluas 420 hektare, " kata Kepala Dinas Tanaman Pangan,  Hortikultura dan Perkebunan Parigi Moutong Nelson Metubun yang dihubungi di Parigi, Rabu.
 
Nelson menyebut pihaknya sudah menawarkan dua lokasi rencana kunjungan kepada protokoler Kementerian Pertanian di Parigi Moutong yakni meninjau panen raya padi  dan meninjau lahan-lahan pertanian yang rusak akibat gempa bumi 28 September 2018.

"Pak menteri memilih meninjau panen raya, mungkin ada pertimbangan lain, " tambahnya. 

Sebelum menuju Parigi Moutong, paparnya, Menteri Pertanian Amran Sulaiman bersama rombongan berada di Mamuju Sulaweai Barat.
 
Meskipun saat ini dalam situasi tanggap darurut transisi penanganan bencana, katanya,  namun para petani  masih bisa melaksanakan panen raya dan Kecamatan Kasimbar tersebut merupakan salah satu kantong produksi padi di Parigi Moutong. 

Ia berharap,  beberapa wilayah di arah selatan kabupaten itu seperti Dusun Masari, Toini dan Maki Desa Nambaru dimana terdapat puluhan hektare sawah yang rusak akibat gempa dan wilayah juga merupakan wilayah terparah dapat di kunjungi menteri. 

"Hampir semua rumah warga di sana roboh akibat diguncang gempa termasuk sawah rusak, kami ingin menteri berkesempatan melihat kondisi warga disana jika masih ada waktu luang," harap Nelson. 

Mesaki begitu, tambahnya,  dua hari pascagempa, Nelson bersama bupati dan sejumlah pejabat jajaran Pemkab Parigi Moutong meninjau lokasi terparah tersebut, petani sudah mulai menggarap sawah mereka yang tidak terdampak. 

Parigi Moutong merupakan salah satu daerah di Sulteng yang memiliki areal persawahan luas,  dan pertanian padi sawah merupakan komoditas unggulan kabupaten tersebut.