Tenun Untuk Perabot Rumah

id tenun, perabot

Tenun Untuk Perabot Rumah

Salah satu motif tenun yang ada di Indonesia (FOTOANTARA/Basri Marzuki)

Jakarta (antarasulteng.com) - Tenun yang biasanya dijumpai sebagai bahan dasar pakaian, kini mulai sering dijumpai untuk desain interior atau pun desain perabot rumah tangga, seperti dikatakan interior desainer, Roland Adam.

"Untuk kebutuhan fesyen, tenun sudah biasa digunakan, tapi untuk interior desain lebih membutuhkan perkiraan khusus," ujar Roland pada diskusi tentang tenun di Jakarta, Jumat.

Menurut Roland, penggunaan tenun pada perabot rumah tangga seperti sofa, panel, sarung bantal, atau pun taplak meja, memang sudah cukup lama digunakan.

"Selama ini memang motif batik yang merajai desain interior, namun kini tenun sudah mulai masuk karena motifnya lebih beragam," ujar Roland.

Lebih lanjut Roland mengemukakan, bahwa tenun yang digunakan untuk desain interior tentu berbeda dengan tenun untuk fesyen. Dibutuhkan tenun yang lebih tebal dan lebih lebar.

"Biasanya lebar tenun hanya membutuhkan 60cm, tapi untuk interior dibutuhkan yang lebih lebar, supaya saat mendesain bisa lebih baik karena tidak menggunakan sambungan," ujarnya.

Kain tenun yang digunakan untuk interior desain juga dirancang sedemikian rupa agar lebih awet dan tidak luntur saat dicuci.

Roland mengatakan motif tenun pun bisa digunakan sebagai wallpaper untuk dinding, namun motifnya tentu perlu disederhanakan supaya tidak terlalu ramai.

"Selain itu, penggunaan benang emas juga tidak akan digunakan, terutama untuk pembuatan korden. Ini karena harganya pasti jadi akan sangat mahal," imbuh Roland yang karyanya menjadi salah satu yang dipamerkan dalam buku "Woven Indonesian Textiles For The Home". (M048)