AKF bantu 400 huntap untuk pengungsi bencana Palu

id AKF,Al-Khair Foundation,Huntap,Hunian tetap

AKF bantu 400 huntap untuk pengungsi bencana Palu

Pekerja menyelesaikan pembangunan Hunian tetap bantuan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia di Kelurahan Tondo, Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (17/2). Ribuan unit Huntap akan dibangun di atas lahan yang disediakan oleh Pemerintah Kota Palu tersebut, diperuntukkan bagi masyarakat korban bencana alam gempa dan tsunami. ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah/nz. (ANTARA FOTO/MOHAMAD HAMZAH)

Huntap yang akan kami bangun bukan huntap yang semurah-murahnya tapi selayak-layaknya, kata Harsono.
Palu (ANTARA) - Pemerintah Kota Palu kembali mendapat bantuan hunian tetap (huntap) untuk pengungsi korban bencana gempa, tsunami dan likuefaksi dari Al-Khair Foundation (AKF).

"Sesuai komitmen awal kami dengan Pemkot Palu, bantuan huntap yang kita berikan sebanyak 400 unit untuk tahap pertama," kata Kepala Yayasan Al-Khair Foundation di Indonesia, Harsono usai menggelar pertemua  dengan Wali Kota Palu Hidayat di ruang kerjanya, Senin.

Dia menyebut pembangunan 400 huntap bantuan AKF akan dimulai secepatnya setelah ke dua belah pihak yakni Pemerintah Kota Palu dan Al-Khair Foundation menandatangi Memorandum of Understanding pembangunan huntap tersebut.

Ke-400 huntap itu, lanjutnya, akan dibangun di Kelurahan Tondo di atas tanah seluas 14,5 hektare dan dilengkapi sejumlah fasilitas umum dan fasilitas sosial yang juga dibangun oleh AKF.

"Huntapnya tipe 36 sesuai arahan pemerintah pusat. Huntap yang akan kami bangun bukan huntap yang semurah-murahnya tapi selayak-layaknya. Waktu pengerjaannya diperkirakan setahun," ucapnya.

Harsono berharap bantuan tersebut dapat bermanfaat baik bagi Pemkot Palu dan pemerintah pusat selaku pelayan masyarakat pada umumnya dan kepada para pengungsi korban bencana pada khususnya.

Wali Kota Palu Hidayat mengatakan hingga saat ini komitmen total bantuan huntap dari pihak LSM dalam dan luar negeri serta pemerintah kota se Indonesia hampir mencapai 3.000 unit.

"Kemarin Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia membantu 2.000 unit huntap dan pembangunannya masih terus berlangsung, dari pemerintah kota se-Indonesia kita upayakan dapat 500 unit dan Al-Khair Foundation 400 unit. Semuanya hampir mencapai 3000 unit," ujarnya.

Hidayat menjelaskan total kebutuhan huntap untuk pengungsi bencana di ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah sekitar 6.000 unit.

Pemerintah Kota dan seluruh warga Kota Palu menyampaikan apresiasi dan terima kasih atras perhatian berbagai LSM dan pemerintah di dalam dan luar negeri atas komitmen bantuan membangun hunian tetgap bagi para koerban bencana alam di daerah ini.
Pewarta :
Editor : Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar