Buol calon kuat tuan rumah Porprov Sulteng IX 2023

id Porprov

Buol calon kuat tuan rumah Porprov Sulteng IX 2023

Seorang atlet Kota Palu saat berlaga dalam lomba panjat dinding Porprov VIII Sulteng di Parigi, Kamis (25/4) (Antaranews Sulteng/Rangga)

Kalau kita melihat kondisi daerah sekarang ini, memang yang paling siap adalah Kabupaten Buol
Palu (ANTARA) - Kabupaten Buol merupakan calon kuat tuan rumah pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) IX se-Sulawesi Tengah yang dijadwalkan berlangsung pada 2023.

"Memang sejak lama Buol sudah menawarkan untuk menjadi tempat penyelenggaraan Porprov," kata Ketua KONI Sulawesi Tengah Anwar Ponulele, di Palu, Kamis.

Namun demikian, kata dia, penetapan sebagai tuan rumah Porprov IX baru akan diputuskan dalam rapat KONI Sulteng dengan KONI di 13 kabupaten/kota di Sulteng.

Meski belum diputuskan dalam rapat nanti, tetapi peluang Buol menjadi tuan rumah pelaksanaan Porprov IX sangat besar.

"Kalau kita melihat kondisi daerah sekarang ini, memang yang paling siap adalah Kabupaten Buol," katanya.

Pemerintah dan DPRD Kabupaten Buol, kata Anwar memberikan dukung penuh bagi pelaksanaan Porprov IX di daerah paling utara Sulawesi Tengah itu.

Kegiatan ini digelar setiap empat tahun sekali dan tempat penyelenggara digilir setiap kabupaten/kota di Provinsi Sulteng.

Anwar mengatakan pelaksanaan Porprov sangat penting selain untuk mengukur peta prestasi atlet di tiap kabupaten/kota di daerah ini, juga sebagai ajang untuk seleksi atlet menghadapi berbagai kejuaraan nasional, termasuk Pekan Olahraga Nasional (PON).

Atlet-atlet yang mengukir prestasi terbaik di Porprov selanjutnya akan mewakili Sulteng dicabang olahraga masing-masing untuk mengikuti prakualifikasi PON.

Karena itu, setiap Porprov, KONI Sulteng menurunkan tim khusus yang akan menjaring atlet-atlet terbaik dari masing-masing daerah.

Setelah pelaksanaan Porprov VIII di Kabupaten Parigi Moutong yang sedang berlangsung saat ini, para atlet berprestasi akan mengikuti babak kualifikasi PON.

Setelah merebut tiket ke PON XX di Papua/2020, atlet Sulteng akan kembali mengikuti pelatihan daerah  (pelatda) terpusat.

Mereka akan menjalani penggodokan di pelatda untuk selanjutnya berlaga di PON XIX.
Di PON XX Papua/2020, Sulteng berharap bisa meningkatkan peringkat dari papan bawah naik ke posisi papan tengah.

Karena itu, kata Anwar, Porprov VIII di Parimo menjadi tolak ukur bagi Sulteng di PON XX.***3***
(T.BK03/)
Pewarta :
Editor : Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar