Sejumlah menteri ke Kediri bahas rencana pembangunan bandar Udara

id bandara kediri ,kabupaten kediri,pt gudang garam,menko maritim,luhut pandjaitan

Sejumlah menteri ke Kediri bahas rencana pembangunan bandar Udara

Ilustrasi. Bandara Kediri (Antara Jatim) (Antara Jatim/)

Kediri (ANTARA) - Sejumlah menteri rencananya berkunjung ke Kabupaten Kediri, Jawa Timur, melakukan kunjungan kerja membahas rencana pembangunan bandar udara (bandara) di kabupaten ini.

"Dari jadwal yang kami terima, yang hadir Pak Menko (Menteri Koordinator Maritim Luhut Binsar Panjaitan)," kata Kepala Bidang Pelayanan dan Komunikasi Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kediri Wikainun di Kediri, Sabtu.

Sesuai dengan jadwal dalam kunjungan kerja, Sabtu, rombongan berangkat dari Jakarta dengan naik pesawat lalu turun di Bandara Iswahyudi, Madiun. Rombongan melanjutkan perjalanan naik helikopter menuju kantor PT Gudang Garam Tbk, Kediri.

Setelah tiba, rombongan melanjutkan perjalanan menuju Kantor Bupati Kediri, istirahat dan diskusi terkait dengan sejumlah permasalahan serta rencana pembangunan bandara.

Rombongan lalu kembali melanjutkan perjalanan ke Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) di Kecamatan Grogol, Kabupaten Kediri. Di tempat itu, akan dilakukan dialog dengan berbagai pihak yang hadir.

Sejumlah menteri yang dijadwalkan hadir di antaranya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Koordinator Maritim Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan A  Djalil serta Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo.

Rencana pembangunan bandara adalah program dari PT Gudang Garam Tbk. Proyek ini sudah menjadi proyek strategis nasional dan rencananya akan menjadi bandara internasional.

Rencana itu dilatarbelakangi bahwa Bandara Juanda Surabaya akan melebihi kapasitas pada 2020, sehingga harus dibangun untuk  landas pacu ketiga. Namun, hal itu diduga sulit terealisasi, sebab terkendala dengan pembebasan lahan mengingat tanah perkotaan yang terbatas.

Bandara di Kabupaten Kediri nantinya akan dibangun dengan runway seluas 3.200 meter, sehingga pesawat berbadan lebar bisa mendarat.

Dengan itu, diharapkan bandara ini bisa menjadi salah satu alternatif kargo, termasuk nantinya untuk memfasilitasi pemberangkatan jamaah umrah.

PT Gudang Garam Tbk akan membangun bandara di Kediri, Jawa Timur. Bandara itu akan memiliki luas sekitar 457 hektare. Bandara tersebut diperkirakan menelan investasi antara Rp1 triliun-Rp10 triliun. (*)

Baca juga: Luhut B Panjaitan: Bandara di Kediri bukan milik Gudang Garam
Pewarta :
Uploader : Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar