Kapolda : Pemuda harus miliki karakter tangguh dan intelektual

id Peringatan, sumpah, pemuda

Kapolda : Pemuda harus miliki karakter tangguh dan intelektual

Kapolda Sulteng Brigjen Pol. Drs.Lukman Wahyu Hariyanto, M.Si, saat memimpin Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91, di halaman Mapolda Sulteng, di Palu, Senin.(28/10).(ANTARA/HO-Humas Polda).

Apabila pemuda tidak memiliki karakter tangguh dan intelektual maka tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan dan karakter positif dalam berbangsa dan bernegara
Palu (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah Brigjen Pol Drs Lukman Wahyu Hariyanto MSi, mengatakan pemuda harus memiliki karakter tangguh dan intelektual untuk mewujudkan cita-cita bangsa.

"Hari Sumpah Pemuda ke-91 kali ini dengan tema, Bersatu Kita Maju, menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda 1928 dalam Sumpah Pemuda, untuk mewujudkan cita-cita bangsa," kata Kapolda membaca amanat Menpora Zainudin Amali, dalam upacara memperingati Hari Sumpah Pemuda di halaman Mapolda Sulteng, di Palu, Senin.

Saat ini kata Kapolda, perkembangan teknologi informasi ibarat dua mata pisau, satu sisi memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing. 

Namun di sisi lain perkembangan ini mempunyai dampak negatif, informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dan terorisme juga masuk dengan mudahnya.

“Apabila pemuda tidak memiliki karakter tangguh dan intelektual maka tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan dan karakter positif dalam berbangsa dan bernegara,” katanya.

Baca juga: Wagub Sulteng: Pemuda Sulteng harus bersatu untuk wujudkan Indonesia maju
Baca juga: Pesan keberagaman ala Jokowi dalam Sumpah Pemuda


Olehnya, kata Kapolda, pemuda yang memiliki karakter tangguh adalah pemuda yang memiliki karakter moral dan karakter kinerja, yang beriman dan bertaqwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja iklas, dan tuntas.

Pemuda juga harus memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan, kewirausahaan, dan kepeloporan yang mumpuni, serta pemuda harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional.

“Semoga melalui peringatan ini kita selalu menghormati jasa para pemuda, jasa para pendiri bangsa dan jasa para pahlawan kita,” kata Kapolda.

 
Dandim 1306/Dgl Kolonel Inf Widya Prasetya, saat bertindak sebagai Irup Upacara Peringatan Sumpah Pemuda di Lapangan Makorem 132/Tadulako, di Palu, Senin.(28/10).(ANTARA/HO-Dok. Penrem)


Sementara di Lapangan Makorem 132/TDL, upacara peringatan Sumpah Pemuda juga dilaksanakan dipimpin Dandim 1306/Dgl Kolonel Inf Widya Prasetya, bertindak sebagai Irup dan membacakan amanat Menpora.

Upacara bendera memperingati Hari Sumpah Pemuda ini baik di Polda Sulteng maupun di Makorem 132/Tadulako diikuti oleh jajaran pejabat utama dan personel aparat setempat.***
Pewarta :
Editor : Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar