KPU Kota Palu jamin tidak ada intervensi penerimaan PPK

id KPU Palu,Pilkada Sulteng

KPU Kota Palu jamin tidak ada intervensi penerimaan PPK

Sejumlah calon PPK Kota Palu mengikuti seleksi tertulis berupa ujian tulis yang diselenggarakan KPU Kota Palu di salah satu ruang kuliah di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Kamis, (30/1). ANTARA/HO-Humas KPU Palu.

Masyarakat juga diberikan ruang untuk  menyampaikan tanggapan secara tertulis terhadap calon anggota PPK dengan datang langsung ke kantor KPU Kota Palu dengan melampirkan identitas yang jelas
Palu (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu menjamin tidak akan ada intervensi dari pihak manapun atas seleksi calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk pemilihan wali kota dan wakil wali Kota Palu serta gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Tengah tahun 2020.

Sebanyak 201 calon anggota PPK mengikuti seleksi tertulis yang dilaksanakan KPU setempat di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Kamis.

"Seleksi tertulis ini diikuti peserta calon anggota PPK yang telah dinyatakan lulus dalam seleksi administrasi sebanyak 201 peserta. Pelaksanaan tes tertulis ini dihadiri dan diawasi langsung Bawaslu Kota Palu," kata Ketua KPU Kota Palu, Agussalim Wahid di sela-sela ujian tersebut. 

Ia mengatakan KPU Palu melakukan seleksi tertulis secara terbuka dan transparan, selain berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) , juga untuk menghindari prasangka dari berbagai pihak perihal adanya intervensi dalam proses penerimaan PPK itu. 

Dia menegaskan, PPK yang dinyatakan lolos murni peserta yang berhasil melalui tahapan-tahapan berdasarkan syarat dan ketentuan yang telah ditentukan serta nilai tertinggi. 

"Masyarakat juga diberikan ruang untuk  menyampaikan tanggapan secara tertulis terhadap calon anggota PPK dengan datang langsung ke kantor KPU Kota Palu dengan melampirkan identitas yang jelas," katanya. 

Setelah menerima dan mendengar tanggapan masyarakat, kata Agussalim, KPU Palu juga melakukan seleksi wawancara, dan mengumumkan hasil seleksi wawancara.

"Kemudian kembali meminta tanggapan masyarakat tahap dua, setelah itu melantik anggota PPK terpilih yang berhasil melewati tahapan-tahapan seleksi tersebut," tambahnya.

Baca juga: 234 orang pendaftar calon PPK KPU Kota Palu
Baca juga: KPU terbitkan lima produk hukum agar Pilkada Palu 2020 berjalan lancar
Baca juga: KPU-Dinkes Palu koordinasi pemeriksaan kesehatan terhadap PPK, PPS dan KPPS