Seleksi CPNS IAIN Palu berlangsung tertib

id IAIN Palu

Seleksi CPNS IAIN Palu berlangsung tertib

Peserta CPNS IAIN Palu berada di ruang ujian di sela-sela pelaksanaan SKD, berlangsung di UPT BKN Donggala, di Palu, Rabu. (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Palu (ANTARA) - Pelaksanaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah di UPT BKN Donggala,  berlangsung tertib.

"Alhamdulillah pelaksanaan seleksi berlangsung aman, tertib. Semua berjalan sesuai agenda," ucap Kepala Sub Bagian Kepegawaian IAIN Palu, Lukman Latif di  Palu, Rabu.

Lukman menguraikan, jumlah peserta yang lulus seleksi administrasi dan berhak mengikuti seleksi pada tahapan Seleksi Kompotensi Dasar (SKD) sebanyak 385 peserta.

Pelaksanaan ujian SKD untuk CPNS IAIN Palu berlangsung dua hari yakni tanggal 11 - 12 Februari 2020.

"Dari jumlah tersebut ada peserta yang tidak hadir atau tidak mengikuti SKD," ujar Lukman.

Baca juga: Rektor: Jarak bukan kendala guru dalam pembelajaran pada era 4.0

Ujian SKD dengan materi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) Tes Inteligensi Umum (TIU) dan Tes Kemampuan Pribadi (TKP), kata Lukman terbagi dalam sembilan sesi selama dua hari pelaksanaan ujian SKD.

Hari pertama atau tanggal 11 Februari SKD berlangsung lima sesi. Hari kedua atau tanggal 12 Februari terbagi dalam empat sesi.

"Setiap sesi diikuti 50 peserta ujian SKD," ungkap Lukman.

Dalam proses pelaksanaan SKD, Lukman menjelaskan IAIN Palu bekerjasama dengan BKN. Bahkan BKN menjadi pelaksana utama dalam proses tersebut.

IAIN Palu, sebut dia hanya menyiapkan tenaga bantuan untuk membantu memverifikasi berkas peserta CPNS, pemeriksaan kesehatan dan pemeriksaan peserta sebelum masuk ruang ujian.

Baca juga: IAIN Palu harap mahasiswa KKN bantu selesaikan masalah di desa

"Semua fasilitas ujian disediakan oleh BKN, termasuk mengenai hasil ujian dan sebagainya ditangani langsung oleh BKN. IAIN Palu hanya menyiapkan tenaga untuk verifikasi berkas," ujar dia.

Dia menambahkan bahwa dalam proses pelaksanaan SKD ada peserta (perempuan) yang hamil, namun dapat mengikuti seleksi dengan tertib.

Penerimaan CPNS tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Republik Indonesia, IAIN Palu sebagai salah satu satuan kerja (Satker) di bawah naungan Kementerian Agama mengusulkan alokasi kebutuhan aparatur 39 orang terdiri dari lima pegawai administrasi dan 34 dosen.

Terkait SKD CPNS IAIN Palu, Rektor IAIN Palu Prof Dr H Sagaf S Pettalongi MPd berharap peserta dapat mengikutinya dengan baik, dan tidak menyianyiakan kesempatan tersebut.

"Ini adalah kesempatan yang baik untuk digunakan oleh putra-putri terbaik bangsa, demi mengabdi terhadap bangsa dan negara. Manfaatkan dengan baik kesempatan ini," imbuhnya.

Baca juga: IAIN Palu seleksi 137 calon dosen tetap non-PNS
Peserta CPNS IAIN Palu mengikuti proses pemeriksaan di sela-sela pelaksanaan SKD, berlangsung di UPT BKN Donggala, di Palu, Rabu. (ANTARA/Muhammad Hajiji)
 
Pewarta :
Editor : Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar