Sabtu, 22 Juli 2017

BI Sulteng Siapkan Rp2,9 Miliar Penukaran Uang

id bank
BI Sulteng Siapkan Rp2,9 Miliar Penukaran Uang
Bank Indonesia (antaranews)
Kas keliling dilakukan setiap Senin hingga Jumat selama bulan puasa di Kota Palu
Palu,  (antarasulteng.com) - Bank Indonesia Kantor Perwakilan Sulawesi Tengah (Sulteng) menyiapkan sekitar Rp2,9 miliar untuk penukaran uang dalam bentuk kas keliling di Kota Palu selama Ramadan dan menjelang lebaran 2017.

"Kas keliling dilakukan setiap Senin hingga Jumat selama bulan puasa di Kota Palu," kata Kepala Bank Indonesia Kantor Perwakilan Sulawesi Tengah (Sulteng), Miyono di Palu, Selasa.

Menurut dia, pihaknya telah menetapkan sejumlah tempat penukaran diantaranya enam pasar tradisional di Palu, kantor Gubernur Sulteng, kantor Wali Kota Palu, kantor Polda Sulteng, kantor Kejaksaan Tinggi Sulteng, Markas Komando Brimob Sulteng dan Markas Komando Angkatan Laut Palu.

"Total frekuensi penukaran sebanyak 17 kali selama bulan puasa ini," ujarnya.

Selain itu Bank Indonesia perwakilan Sulteng juga membuka layanan penukaran uang di kantor BI pada hari Kamis setiap minggunya, khusus untuk penukaran uang rusak atau lusuh atau pun uang lama yang sudah ditarik dari peredarannya, tetapi masa penukarannya masih ada.

"Sementara untuk layanan bagi Bank Perkreditan Rakyat (BPR), BI Sulteng membuka layanan di hari Selasa dan Kamis," imbunya.

Selain itu kata dia, untuk layanan kas di luar Kota Palu, BI Sulteng telah melakukan pengiriman uang ke kantor kas titipan yang bekerjasama dengan BI yakni Bank BNI di Luwuk Kabupaten Banggai dan Bank Mandiri di Kabupaten Tolitoli.

"Untuk Luwuk sudah dikirimkan hari ini, Selasa (30/5) sementara untuk Tolitoli dikirimkan minggu depan," katanya.

Miyono menyatakan agar masyarakat tidak perlu khawatir, selain kebutuhan uang kartal selama bulan puasa dan lebaran sangat cukup, juga disediakan bagi mereka yang menukar adalah uang baru tahun emisi 2016.

"Biasanya yang dibutuhkan masyarakat adalah pecahan-pecahan kecil di angka Rp20 ribu ke bawah," ujarnya.

Miyono juga mengimbau kepada masyarakat yang ingin menukar uang baru yakni di kas keliling yang sudah ditentukan tempatnya, sementara penukaran untuk uang rusak atau lusuh dipersilahkan datang ke kantor BI Sulteng. (skd) 

Editor: Rolex Malaha

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga