Gerindra Sulteng gencarkan penyemprotan disinfektan di Kota Palu

id gerindra,peduli corona,palu

Gerindra Sulteng gencarkan penyemprotan disinfektan di Kota Palu

Relawan Gerindra Sulteng menyemprotkan cairan disiinfektan di permukiman oadat penduduk di Kota Palu, Minggu (28/3) (Antara/HO-Oetar)

Palu (ANTARA) - Aksi Gerindra Peduli berupa penyemprotan disinfektan di rumah-rumah warga dan fasilitas umum yang dilaksanakan DPD Partai Gerindra Provinsi Sulawesi Tengah, masih dikonsentrasikan di wilayah Kota Palu.

Pada Minggu (29/3/2020), sejak pagi hingga sore hari, penyemprotan dilakukan di kawasan permukiman padat penduduk di wilayah Kelurahan Tamamodindi, Kecamatan Mantikulore, serta beberapa titik lokasi yang tersebar di Kecamatan Palu Selatan dan Tatanga.

Di wilayah Kelurahan Tanamodindi, para relawan Gerindra Peduli yang dipimpin Moh Syarif, Ketua Fraksi DPRD Kota Palu, melakukan penyemprotan disinfektan di rumah-rumah warga dengan menyisir sejumlah ruas jalan di sepanjang Jalan Veteran, hingga ke lorong-lorong dan gang kecil di wilayah itu.

Sedangkan pada Senin (30/3/2020), penyemprotan disinfektan oleh relawan Gerindra Peduli menyasar pemukiman warga di Kelurahan Tipo dan Silae, Kecamatan Ulujadi, Palu. Di wilayah ini, para relawan dikomandani oleh Astam Abdullah, anggota Fraksi Partai Gerinda DPRD Kota Palu.

"Penyemprotan disinfektan di rumah-rumah warga di Kelurahan Tipo dan Silae mendapat apresiasi sangat positif dari warga, terutama warga ekonomi lemah atau kurang mampu. Mereka merasa sangat terbantu sekali dengan aksi Gerindra Peduli ini," kata Astam Abdullah.

Sementara itu, politisi Partai Gerindra yang juga Ketua DPRD Kota Palu, Moh Iksan Kalbi ditemui saat mendampingi relawan Gerindra Peduli di Kelurahan Tipo, Senin (30/3/2020), menjelaskan aksi Gerindra Peduli melalui kegiatan penyemprotan disinfektan pada pemukiman dan fasilitas umum, masih dikonsentrasikan di wilayah Kota Palu.

Menurut Iksan, aksi Gerindra Peduli ini merupakan inisiatif dan agenda kegiatan DPD Partai Gerindra Provinsi Sulawesi Tengah. Namun, karena kegiatannya masih dikonsentrasikan di wilayah Kota Palu, makanya 6 orang anggota DPRD Kota Palu dari Partai Gerindra diberi tanggung jawab untuk mengkoordinasikan teknis pelaksanaannya di lapangan.

"Hal ini sesuai arahan Ketua DPD Gerindra Sulteng H Longki Djanggola yang menginstruksikan pada kami untuk terlibat penuh dalam kegiatan ini agar koordinasi dengan instansi teknis di jajaran Pemkot Palu maupun dengan pihak Polres Palu dan Kodim bisa berjalan baik dan sinergi dalam upaya penanganan pandemi virus corona di Kota Palu," katanya.

Baca juga: Relawan Gerindra semprot permukiman warga dengan desinfektan

Menurut Iksan, sebagai ibukota Provinsi Sulteng, Kota Palu menjadi pusat seluruh aktivitas utama masyarakat Sulteng. Kota Palu juga menjadi titik transit semua mobilitas warga melalui jalur darat, jalur laut, dan udara untuk keluar-masuk wilayah Sulteng. Hal itu membuat Kota Palu jauh lebih rentan dan beresiko tinggi terhadap penyebaran virus corona di Sulteng.

"Hal itu menjadi salah satu pertimbangan utama kenapa aksi penyemprotan disinfektan yang dilakukan relawan Gerindra Peduli masih dikonsentrasikan di wilayah Kota Palu," kata Moh Iksan.

Sementara, Ketua DPP Partai Gerindra yang juga Ketua Fraksi Gerindra DPRD Provinsi Sulteng, Abdul Karim Aljufri berharap langkah kecil yang dilakukan DPD Partai Gerindra Sulteng ini, selain memberi manfaat positif yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat juga bisa sedikit mengurangi beban pemerintah daerah.

Menurut Abdul Karim Aljufri, aksi Gerindra Peduli ini, sedikitnya bisa mencegah kepanikan, membantu mengurangi kekhawatiran warga terhadap tingginya resiko penyebaran virus corona di pemukiman warga dan lingkungan sekitarnya.

"Ketika warga dianjurkan untuk mengurangi aktivitas di luar rumah, harus membatasi interaksi dengan banyak orang dengan cara jaga jarak sosial atau social distancing, tentu dibutuhkan tindakan nyata dalam upaya mencegah penyebaran virus corona. Sekecil apapun aksi nyata yang kita lakukan bersama, Insya Allah bisa membuat masyarakat merasa lebih nyaman. Tetap aman, lebih sedikit resiko dan ancaman tertular virus corona," ujar Abdul Karim Aljufri.

Kader Gerindra yang mantan atlet Nasional peraih medali emas Kejuaraan Dunia Pencak Silat itu menyatakan, aksi Geindra Peduli ini diharapkan bisa memberi pengaruh positif agar semakin banyak pihak yang mengambil peran dan terlibat aktif dalam penanganan pandemi virus corona di Sulteng. (Bakom Gerindra Sulteng)

Baca juga: Imelda-Arena berpasangan di pilkada Kota Palu