Penyintas gempa Sigi nikmati manfaat stimulan tahap II

id Penyintas bencana sigi,stimulan tahap dua sigi,pemkab sigi,bupati sigi

Penyintas gempa Sigi nikmati manfaat stimulan tahap II

Kondisi rumah warga penyintas bencana gempa Sigi yang dibangun kembali dengan dana stimulan tahap II (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Penyintas bencana gempa dan likuefaksi di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, mulai menikmati manfaat dari dana stimulan tahap II, untuk rumah yang rusak berat, sedang dan ringan.

"Karena adanya bantuan dana dari pemerintah, kami bisa kembali membangun hunian," ucap salah satu warga penerima stimulan tahap II, Herman, di Sigi, Minggu.

Herman merupakan warga Kecamatan Sigi Biromaru. Rumahnya rata dengan tanah saat bencana gempa 28 September 2018 silam mengguncang wilayah itu sekitar pukul 18.10 Wita.

Ia tidak bisa berbuat banyak dengan adanya gempa dengan  magnitudo7,4. Dirinya hanya bisa berupaya melindungi diri dan keluarganya untuk terhindar dari bencana pada petang itu.

"Sedih melihat kondisi saat itu, dalam waktu sekejap rumah rata dengan tanah saat gempa itu mengguncang dengan kekuatan yang sangat dahsyat," sebutnya.

Beruntung, kata dia, ada bantuan dari pemerintah untuk warga yang rumahnya rusak berat, sedang dan ringan. Ia mengaku bahwa dirinya menjadi salah satu penerima manfaat dengan kategori rumah rusak berat.

"Saya dan keluarga terlibat langsung dalam membangun kembali tempat tinggal saya," ujarnya.

Sebelumnya, Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta dalam acara puncak peringatan HUT Kabupaten Sigi ke-12 menyampaikan bahwa bantuan stimulan tahap II yang Rp544 miliar dananya berasal dari hibah, baru Rp343 miliar yang disalurkan kepada penerima manfaat.

"Total yang rumah rusak dan berhak mendapat bantuan dari dana stimulan tahap dua sebanyak 24.219 kepala keluarga, dan sudah disalurkan kepada 16.123 atau 66,6 persen atau dana sudah masuk ke rekening warga," kata Bupati.

Bantuan dana perbaikan rumah masing-masing Rp50 juta, ia menjelaskan, sudah disalurkan kepada 3.147 dari 5.428 warga yang rumahnya rusak berat.

Selain itu, sebanyak 3.737 dari 5.683 warga yang rumahnya rusak sedang akibat bencana sudah mendapatkan dana stimulan perbaikan rumah masing-masing senilai Rp25 juta. Bantuan untuk 1.946 warga yang rumahnya rusak sedang masih dalam proses penyaluran.

Warga yang rumahnya rusak ringan akibat bencana juga mendapatkan bantuan perbaikan rumah senilai Rp10 juta per unit rumah. Pemerintah sudah menyalurkan stimulan dana tersebut kepada 9.237 dari 13.108 kepala keluarga yang rumahnya rusak ringan.
Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta saat menyampaikan sambutan pada puncak peringatan HUT Kabupaten Sigi ke 12 tahun. (ANTARA/Muhammad Hajiji)
Pewarta :
Uploader : Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar