Buku Pelajaran Quran dan Hadits Perlu Ditinjau Kembali

id alquran

Buku Pelajaran Quran dan Hadits Perlu Ditinjau Kembali

a (FOTO ANTARA/Yusran Uccang)

...ada sesuatu yang janggal dalam buku tersebut khususnya dalam pembahasan pengelompokan ayat per ayat dalam Surah Al Fatihah, An Nas, Al Falaq dan Al Iklas.
Palu (antarasulteng.com) - Orang tua siswa di salah satu Madrasah Tsanawiyah di Kota Palu meminta Kementerian Agama meninjau kembali buku pelajaran Quran dan Hadits untuk siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah karena dinilai mengandung pelajaran yang tidak sesuai tradisi keagamaan di Indonesia.

"Kami menilai, adanya pemasukan paham Wahabi atau Salafi pada materi yang disajikan pada buku-buku tersebut khusunya pemahaman Tauhid `Rububiyyah` dan `Uluhiyyah`," kata Ivan Yudharta, salah seorang orang tua siswa Tsanawiyah Alkhairaat di Palu, Senin.

Alumni pesantren Alkhairaat Palu tersebut mengatakan ada sesuatu yang janggal dalam buku tersebut khususnya dalam pembahasan pengelompokan ayat per ayat dalam Surah Al Fatihah, An Nas, Al Falaq dan Al Iklas.

Ivan mengatakan berdasarkan pengelompokan tersebut kategori ayat bermakna tauhid `Rububiyyah` atau `Uluhiyyah`.

"Sementara sejak masa Rasulullah SAW hingga kitab-kitab mu`tabar ulama Ahlusunnah wal jamaah di empat mazhab (Maliki, Hanafi, Syafi`i dan Hambali) tidak satupun membahas tauhid berdasarkan pemahaman `Rububiyyah` atau `Uluhiyyah` terkecuali para pengikut Ibnu Taimiyah dan Muhammad ibnu Abdul Wahab An-Najd (Wahabi-Salafi)," katanya.

Ivan mengatakan dirinya mengetahui ada yang janggal dalam buku tersebut setelah membaca buku-buku pelajaran anaknya.

Dia mengatakan Kementerian Agama dan sekolah agama yang sudah memiliki buku tersebut seharusnya meninjau kembali karena tidak sesuai dengan pemahaman akidah Ahlusunnah wal jamaah.

Ivan mengatakan dirinya menemukan dua judul buku yang perlu ditinjau ulang yakni Pemahaman Al Qur'an dan Hadits untuk Kelas VII Madrasah Tsanawiyah diterbitkan oleh Tiga Serangkai Pustaka Mandiri

tahun 2014.

Pada Bab III buku ini mengkaji surah Al Fatihah, An Nas, Al Falaq dan Al Ikhlas pada bagian A. Memahami Tauhid Rububiyyah dan Uluhiyyah pada halaman 38 sampai 45.

Buku selanjutnya kata Ivan, Qur'an Hadits Kelas VII Madrasah Tsanawiyah diterbitkan oleh CV. Indonesia Jaya dengan materi pokok Tauhid Rububiyyah dan Uluhiyyah pada halaman 33 sampai 37. (A055)