KPU Palu ajak semua pihak wujudkan pilkada berintegritas

id Sulteng,Sandi,Palu,KPU,KPU Palu

KPU Palu ajak semua pihak wujudkan pilkada berintegritas

KPU Palu melaksanakan simulasi pemungutan dan penghitungan suara serta penggunaan aplikasi rekapitulasi elektronik Sirekap di Lapangan Vatulemo depan Kantor Wali Kota Palu, Sabtu (21/11). (ANTARA/HO-Humas KPU Kota Palu)

Palu (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kota Palu mengajak seluruh pihak untuk mewujudkan Pemilihan Kepala Daerah 2020 yang berintegritas pada 9 Desember di kota itu.

Ketua KPU Kota Palu Agussalim Wahid mengatakan mewujudkan Pilkada Kota Palu yang berintegritas bukan hanya menjadi tanggung jawab penyelenggara pilkada di semua tingkatan tetapi tanggung jawab bersama.

“Ketika ingin menciptakan pilkada yang berintegritas dan berkualitas bukan hanya tanggung jawab penyelenggara saja tapi juga para pemilih, peserta pilkada, dan tim suksesnya,” katanya dalam seminar demokrasi yang diadakan KPU Palu, di Palu, Rabu.

Ia menerangkan pilkada berintegritas sangat penting diwujudkan dalam rangka menjaga kualitas demokrasi yang saat ini menjadi tantangan terberat yang mesti dilalui karena pandemi COVID-19.

“Ini bagai buah simalakama. Di satu sisi kita dituntut meningkatkan partisipasi pemilih, di sisi lain kegiatan-kegiatan yang bertujuan meningkatkan partisipasi pemilih dibatasi karena pandemi,” ujarnya.

Meski berat, ia yakin dapat melalui tantangan tersebut asalkan pihak-pihak yang dimaksud saling bahu membahu menciptakan pilkada yang berintegritas sehingga melahirkan wali kota dan wakil wali kota Palu serta gubernur dan wakil gubernur Provinsi Sulawesi Tengah yang peduli dan cinta dengan warganya.

Tidak kalah penting kata dia, semua pihak dapat bekerjasama meyakinkan masyarakat utamanya pemilih bahwa pelaksanaan pilkada aman dan tidak menjadi kluster baru penularan dan penyebaran COVID-19.

“Ada dua tugas tambahan kami sebagai penyelenggara, pertama bagaimana teknis penyelenggaraan pilkada berjalan sesuai rencana," katanya.

Kedua, kata Agussalim melaksanakan protokol kesehatan diterapkan oleh seluruh pihak.