Dinkes Sulteng: Realisasi vaksinasi COVID-19 capai 35,69 persen

id Sulteng,Sandi,Palu,Sulbar,Corona

Dinkes Sulteng:  Realisasi vaksinasi COVID-19 capai 35,69 persen

Kepala Dinkes Sulteng dr. I Komang Adi Sujendra. ANTARA/HO-dr. I Komang Adi Sujendra

Palu (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) dr. I Komang Adi Sujendra menyatakan realisasi vaksinasi COVID-19 tahap pertama di Sulteng hingga saat ini 35,69 persen.



"Vaksinasi COVID-19 terhadap tenaga kesehatan (nakes) sampai Kamis (28/1) 35,69 persen di Kota Palu, Kabupaten Donggala dan Poso," katanya kepada ANTARA di Palu, Jumat.



Ia mengatakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi, Morowali, Morowali Utara, Bangga dan Buol telah mengambil vaksin tersebut yang disimpan di Gudang Instalasi Farmasi Dinkes Sulteng di Palu dan menunggu laporan perkembangan vaksinasi nakes di sana



Pihaknya masih menunggu Pemkab Tolitoli, Banggai Kepulauan dan Banggai Laut untuk datang mengambil vaksin tersebut agar vaksinasi tahap satu kepada nakes di seluruh daerah secepatnya terealisasi.



"Kita targetkan vaksinasi tahap satu untuk sekitar 11 ribu nakes di Sulteng selesai pada Februari. Setelah itu kita menunggu distribusi vaksin berikutnya dari Kementerian Kesehatan untuk melakukan vaksinasi tahap dua," ujarnya.



Sebanyak 11.000 dosis vaksin COVID-19 bantuan Kementerian Kesehatan yang didistribusikan oleh PT. Bio Farma tiba di Palu pada Selasa (5/1).



Sejumlah aparat kepolisian dari Polda Sulteng tampak mengawal dengan ketat vaksin yang diangkut dengan mobil box tersebut dari Bandar Udara Mutiara SIS Al-Jufrie menuju Instalasi Farmasi Dinkes Sulteng.



Vaksinasi COVID-19 di Sulteng dimulai pada Kamis (14/1) yang ditandai dengan penyuntikan vaksin kepada sejumlah nakes dan pejabat di Kota Palu.