DPRD Sulteng tolak rencana pemerintah impor 1 juta ton beras

id Sulteng,Sulbar,Sandi,Palu,Corona

DPRD Sulteng tolak rencana pemerintah impor 1 juta ton beras

Petani mengarungkan padi yang baru saja dipanen di Desa Sunju, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Rabu (20/1/2021). Sejumlah petani di wilayah itu mengaku mengalami penurunan hasil panen disebabkan tingginya curah hujan dan angin kencang menjelang panen yang mengakibatkan banyak bulir padi yang rontok. ANTARA FOTO/Basri Marzuki/wsj.

Selain merusak semangat untuk berdaulat di bidang pangan, kebijakan impor beras juga nyata-nyata bertentangan dengan semangan kemandirian pangan

Palu (ANTARA) - Wakil Ketua DPRD Propinsi Sulteng Muharram Nurdin menyatakan rencana pemerintah mengimpor beras sebesar 1 juta ton dinilai tidak berpihak kepada petani Indonesia, termasuk petani di Provinsi Sulteng

"Selain merusak semangat untuk berdaulat di bidang pangan, kebijakan impor beras juga nyata-nyata bertentangan dengan semangan kemandirian pangan,"katanya di Kota Palu, Selasa.

Ia menyatakan, tidak ada alasan atau pembenaran yang dapat menjadi dasar pemerintah untuk melakukan impor beras.

"Hampir semua daerah di Indonesia termasuk di Sulteng memiliki persediaan beras dan cukup selama bulan Ramadan, bahkan cukup sampai Desember 2021,"ujarnya.

Karena itu, sangat beralasan jika rencana membuka pintu masuk beras impor ke Indonesia termasuk ke Sulteng mendapat penolakan.

"Kebijakan impor beras secara nyata bertentangan dengan semangat Presiden Joko Widodo untuk membangun infrastruktur pertanian seperti penyedian lahan persawahan dan pembangunan irigasi,"terangnya.

Untuk itu, Muharram menyarankan pemerintah sebaiknya melakukan kampanye secara masif tentang penanaman bahan makanan selain beras yang bisa dikonsumsi dalam waktu yang cepat seperti jagung dan umbi-umbian.

Ia yakin cara tersebut lebih efektif memenuhi persediaan bahan pangan cadangan warga tidak terkecuali di Sulteng dari pada mengimpor beras.

Baca juga: Susi Pudjiastuti tidak surut serukan tolak impor beras
Baca juga: GP Ansor minta pemerintah batalkan rencana impor beras dan garam
Baca juga: Partai Bulan Bintang menolak impor beras
Baca juga: Anggota DPR ingatkan jangan impor beras saat stok cukup