Pemkab Sigi dukung PMI tingkatkan kesiapsiagaan warga terhadap bencana

id pemkab sigi,sekda sigi,muh basir,bupati sigi,gempa sigi,PMI ,PMI Sigi

Pemkab Sigi dukung PMI tingkatkan kesiapsiagaan warga terhadap bencana

Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi Muh Basir menerima dokumen kajian kerentanan, kapasitas dan rencana aksi pengurangan risiko bencana yang dilakukan oleh PMI, di Sigi, Selasa (25/5/2021) ANTARA/HO-Humas Setda Pemkab Sigi

Kami mengapresiasi kepada PMI Kabupaten Sigi, PMI Pusat dan Federasi Internasional Perhimpunan Palang Merah serta Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) yang telah membantu Pemkab Sigi dengan kerja-kerjanya, berkomitmen pada pembangunan masyarakat yang b
Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, mendukung program kegiatan Palang Merah Indonesia (PMI) dalam peningkatan kesiapsiagaan warga di daerah itu menghadapi bencana alam, sebagai upaya pengurangan risiko bencana.

"Kami mengapresiasi kepada PMI Kabupaten Sigi, PMI Pusat dan Federasi Internasional Perhimpunan Palang Merah serta Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) yang telah membantu Pemkab Sigi dengan kerja-kerjanya, berkomitmen pada pembangunan masyarakat yang berdaya dan tangguh khususnya pengurangan resiko bencana," ucap Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi Muh Basir, di Sigi, Rabu.

PMI bersama Federasi Palang Internasional Perhimpunan Palang Merah menggandeng BSMI melakukan kajian kerentanan terhadap bencana di wilayah Sigi, yang selanjutnya dituangkan ke dalam dokumen kerentanan untuk diserahkan kepada Pemkab Sigi sebagai pegangan dan pedoman dalam penyelenggaraan pembangunan.

Selain melakukan kajian kerentanan terhadap bencana, mereka juga melakukan kegiatan peningkatan kapasitas warga dalam hal membangun kesiapsiagaan untuk pengurangan risiko bencana.

Serta melakukan rencana aksi pengendalian dan pengurangan risiko bencana, sebagai bentuk upaya meminimalisir dampak bencana alam bila terjadi di wilayah Kabupaten Sigi.

Dokumen itu diserahkan oleh PMI kepada pemerintah daerah Kabupaten Sigi serta kepada beberapa desa dan kecamatan yang menjadi lokasi fokus kajian.

"Dokumen ini bukan saja merespon bencana yang terjadi, tetapi juga untuk membangun kesiapsiagaan masyarakat terhadap bencana melalui tim siaga bencana berbasis masyarakat," kata Muh Basir.

Dia berharap masyarakat dapat berpartisipasi menjadikan dokumen ini sebagai bahan peningkatan kapasitas, agar masyarakat dapat melakukan evakuasi mandiri dan membangun kesiapsiagaan secara mandiri ketika hadapi bencana.

"Kami berharap masyarakat terus bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia, bekerjasama dengan pemerintah daerah termasuk di tingkat desa, serta bekerjasama dengan lembaga-lembaga dalam hal kesiapsiagaan," sebutnya.

Berkaitan dengan itu Ketua PMI Kabupaten Sigi Agus Lamakarate mengatakan bahwa PMI berterima kasih kepada Pemkab Sigi karena telah mendukung program-program yang dilaksanakan PMI di Kabupaten Sigi, termasuk dalam pengurangan risiko bencana.

"Terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi yang selama ini telah mendukung segala program yang dilaksanakan oleh PMI Sigi, untuk membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan," ujarnya.
 
Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi Muh Basir menyampaikan arahan dalam kegiatan serah terima dokumen kajian kerentanan, kapasitas dan rencana aksi pengurangan risiko bencana yang dilakukan oleh PMI, di Sigi, Selasa. (Dok Humas Setda Pemkab Sigi)