Sebagian besar teratasi kebakaran hutan di Turki

id kebakaran hutan,turki

Sebagian besar teratasi kebakaran hutan di Turki

Gumpalan asap hitam meninggi dari hutan di sekitar Manavgat, 75 km timur kota resor Antalya, Turki, Rabu (28/7/2021). (ANTARA/Reuters)

Istanbul (ANTARA) - Petugas pemadam kebakaran di Turki pada Minggu berjuang untuk mengendalikan lima kebakaran hutan, termasuk yang terjadi di kota resor pantai Manavgat dan Marmaris.

Namun, menurut pihak berwenang, sebagian besar dari puluhan kebakaran hutan dalam lima hari terakhir itu telah dapat dipadamkan.

Dipicu oleh panas terik dan angin, api masih berkobar di Manavgat di selatan dan Marmaris di barat, kata Menteri Kehutanan Bekir Pakdemirli.

Pemadam kebakaran berhasil mengatasi kobaran api yang muncul pada Sabtu (31/7) di resor populer Bodrum di pantai Aegean, yang mendorong evakuasi warga di beberapa daerah perumahan dan hotel, kata Pakdemirli.

Sekitar 107 dari 112 kebakaran yang terjadi dalam lima hari terakhir telah berhasil dipadamkan hingga Minggu pagi, menurut data Kementerian Kehutanan.



Sejak Rabu enam orang tewas karena kebakaran di Turki selatan dan barat, dan ribuan orang telah dievakuasi dari rumah mereka.

Tim pendukung dari Rusia, Ukraina, Iran dan Azerbaijan telah dikerahkan untuk membantu petugas pemadam kebakaran setempat.

Di negara tetangga Yunani, pihak berwenang memperingatkan masyarakat untuk tidak melakukan pekerjaan yang tidak penting dan bepergian pada Jumat karena suhu mencapai 40 derajat Celsius di Athena. Acropolis kuno, monumen yang paling banyak dikunjungi, terpaksa ditutup sebentar.

Di pulau Sisilia, Italia, petugas pemadam kebakaran mengatakan pada Sabtu bahwa mereka berjuang untuk terus memadamkan hari kedua kebakaran hutan yang mencapai kota Catania, yang memaksa orang-orang untuk meninggalkan rumah mereka dan bandara lokal ditutup sementara.

Sumber: Reuters
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2021