Bupati Morowali Utara: Petani adalah penyangga tatanan negara

id Sulteng,Sandi,Palu,Hari Tani Nasional ,Petani ,Morut

Bupati Morowali Utara:  Petani adalah penyangga tatanan negara

Bupati Morowali Utara Delis Julkarson Hehi. ANTARA/HO-Media Center Pemkab Morut

Morowali Utara (ANTARA) - Bupati Morowali Utara (Morut), Provinsi Sulawesi Tengah, Delis Julkarson Hehi menyatakan peran petani sangat penting dalam menyangga ketahanan dan tatanan negara termasuk daerah.



"Sebab petani berperan penting dalam menyediakan dan memenuhi pangan pokok masyarakat. Tanpa petani tatanan negara bakal berantakan yang mengakibatkan ketahanan negara menjadi lemah," ujarnya di Kolonodale, dalam menyikapi peringatan Hari Tani Nasional, 24 September 2021, Jumat.



Pada 24 September 1960 silam, kata dia, ditetapkan Undang-Undang (UU) Nomor 5 Tahun 1960 tentang peraturan dasar pokok-pokok agraria, sehingga dengan undang-undang tersebut, hak rakyat termasuk petani atas tanah mendapatkan kepastian hukum.



Delis berharap dengan peringatan Hari Tani Nasional tahun 2021 menjadi momentum bagi semua pihak agar melindungi dan memperjuangkan kepentingan petani dalam rangka menjaga ketahanan daerah dan negara.



"Terima kasih untuk seluruh petani di Indonesia, khususnya petani di Morowali Utara yang telah bekerja keras dalam memproduksi kebutuhan pangan untuk negara dan daerah," ujarnya.



Delis menegaskan pihaknya akan memperjuangkan apa yang menjadi keinginan dan harapan petani terutama dalam upaya menjaga lahan pertanian di Morowali Utara agar tetap produktif, bahkan bisa meningkatkan produksi dan kualitas hasil pertanian.