Gubernur Sulteng: Pemda aktifkan posko pencegahan COVID-19 di desa

id gubernur sulteng,rusdy mastura,pemprov sulteng,covid,pusdatina

Gubernur Sulteng:  Pemda aktifkan posko pencegahan COVID-19 di desa

Gubernur Sulteng Rusdy Mastura berbincang dengan beberapa kepala daerah, di Palu, Senin. (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Palu (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura mendorong pemerintah daerah di 12 kabupaten dan satu kota di Sulteng segera mengaktifkan kembali posko-posko pencegahan dan penanganan COVID-19 di setiap desa dan kelurahan.

"Memperhatikan laporan Pusdatina COVID-19 Provinsi Sulteng serta mengantisipasi lonjakan kasus, maka salah satu upaya yang harus dilakukan adalah aktifkan kembali posko-posko pencegahan dan penanganan COVID-19 di tingkat desa dan kelurahan," katanya di Palu, Selasa.

Berdasarkan data Pusdatina COVID-19 per Senin (14/2), kasus positif COVID di Sulteng bertambah 81 kasus, sehingga kumulatifnya 47.872 kasus.

Gubernur Rusdy Mastura merespons kondisi itu dengan menerbitkan Surat Edaran Nomor 04 Tahun 2022 tentang pembatasan kegiatan pada masa pandemi COVID-19, yang salah satunya mengenai pengaktifan kembali posko-posko di tingkat desa dan kelurahan.

Ia juga meminta kepada bupati dan wali kota serta semua pihak untuk menunda pelaksanaan kegiatan secara luring yang memobilisasi atau mengumpulkan orang banyak dalam jumlah besar pada satu lokasi secara bersamaan.

Ia juga menginstruksikan kepada bupati dan wali kota serta seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) agar memperketat penerbitan surat rekomendasi kegiatan izin keramaian.

Setiap pelaku perjalanan daerah luar daerah, baik melalui darat, udara, maupun laut, yang akan memasuki wilayah Sulteng, wajib menunjukkan hasil tes cepat antigen negatif atau hasil PCR negatif yang berlaku 2x24 jam.

"Bupati dan wali kota memantau dan mendorong secara langsung vaksinasi bagi anak-anak dan usia lanjut," kata dia.

Ia juga meminta kepada Satgas COVID-19 agar bekerja sama dengan TNI dan Polri memastikan seluruh kegiatan ekonomi masyarakat, dilaksanakan dengan menerapkan prokes secara ketat.
Gubernur Sulteng Rusdy Mastura berbincang dengan beberapa kepala daerah, di Palu, Senin. (ANTARA/Muhammad Hajiji)