Pemkot Palu Minta Masyarakat Jaga Aset PNPM

id pnpm

Pemkot Palu Minta Masyarakat Jaga Aset PNPM

Ilustrasi (antaranews)

Ada banyak aset yang telah dibangun pemerintah melalui PNPM di setiap kelurahan dari delapan kecamatan di Kota Palu
Palu,  (antarasulteng.com) - Pemkot Palu minta masyarakat tetap menjaga semua aset-aset yang dibangun di tengah-tengah masyarakat melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perkotaan selama beberapa tahun terakhir ini.

"Ada banyak aset yang telah dibangun pemerintah melalui PNPM di setiap kelurahan dari delapan kecamatan di Kota Palu," kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota Palu, Presly Tampubolon pada rapat koordinasi Badan keswadayaan Masyarakat (BKM) tentang penguatan kelembanggan keuangan mikro, Rabu.

Ia mengatakan program itu telah dilaksanakan di Palu, total dana yang telah digunakan untuk kegiatan infranstruktur (lingkungan), sosial dan ekonomi di Palu selama 2005 hingga 2015 mencapai sekitar Rp68 miliar.

Dana yang mencapai puluhan miliar tersebut bersumber dari dana APBN maupun APBD Kota Palu.

Presly menjelaskan bantuan dana untuk masyarakat yang diperuntukan bagi membangun berbagai kegiatan lingkungan antara lain drainase, jalan, sarana air bersih dan lainnya.

Berikut sosial antara lain pembelian tenda,kursi, alat-alat dapur dan seragam sekolah.

Sementara ekonomi meliputi penyaluran dana bergulir bagi pengembangan usaha masyarakat miskin yang tujuannya adalah mengentaskan kemiskinan di perkotaan.

Karena itu, semua aset-aset tersebut haruslah dijaga masyarakat, bukan sebaliknya dirusak atau dihilangkan.

Termasuk didalamnya aset-aset dana bergulir yang telah disalurkan BKM kepada KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat) melalui UPK (Unit Pengelolah Keuangan).

Yang namanya dana bergulir, itu berarti harus dikembalikan berapapun nilainnya. "Masyarakat harus mengembalikannya karena akan digulirkan lagi kepada lainnya untuk mengembangkan usaha," pint Presly.

Koordinator BKM Tatura Selatan, Anas yang juga adalah Ketua Rukun Tetangga (RT) 03/RW-01 di kelurahan itu mengatakan sudah banyak kegiatan yang telah dibangun di kelurahan melalui program PNPM Mandiri Perkotaan dan sangat membantu masyarakat.

Permasalahan yang ada ditengah masyarakat menyangkut infranstruktur, sosial dan ekonomi paling tidak selama beberapa tahun terakhir ini sudah dapat teratasi melalui prgram PNPM Mandiri Perkotaan.

Ia juga sependapat karena semua kegiatan tersebut merupakan aset yang berada di tengah masyarakat, maka masyarakat seharusnya memelihara dengan baik.