Banjir landa Desa Olu Kabupaten Sigi

id Sulteng,Sandi,Palu,Banjir,Bpbd,Bpbd sulteng

Banjir  landa Desa Olu Kabupaten Sigi

Sejumlah rumah di Desa Olu Kecamatan Lindu Kabupaten Sigi Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) dilanda banjir pada Jumat (27/5). ANTARA/HO-BPBD Sulteng

Palu (ANTARA) - Banjir melanda Desa Olu Kecamatan Lindu Kabupaten Sigi Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) pada Jumat akibat hujan deras sejak dini hari yang membuat Sungai Lombosa di desa itu meluap.



"Hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi sejak pukul 00.00 sampai 02.00 WITA mengakibatkan Sungai Lombosa di Desa Olu meluap hingga sebagian pemukiman warga terendam banjir," kata Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulteng Andi Sembiring dihubungi di Palu, Jumat.



Selain lima rumah warga yang terdampak, kata Andi, bangunan Kantor Desa Olu juga terendam banjir dengan ketinggian sekitar 50 centimeter.



"Hingga saat ini tidak ada korban jiwa dan warga yang terdampak memilih bertahan di rumahnya meskipun rumahnya terendam banjir," ujarnya.



Ia menyatakan kebutuhan yang sangat mendesak saat ini yakni melakukan normalisasi sungai agar tidak terus meluap dan pembuatan bronjong agar sungai mampu menampung semua debit air ketika hujan kembali mengguyur.



Andi mengatakan saat ini BPBD Provinsi Sulteng dan BPBD Kabupaten Sigi masih melakukan pendataan terhadap infrastruktur maupun sarana dan prasarana yang terdampak banjir.



Ia mengimbau warga Desa Olu tetap waspada dan selalu siap siaga mengantisipasi bencana serupa yang dapat terjadi sewaktu-waktu.



"Sampai sekarang belum ada laporan korban jiwa. Kami terus berkoordinasi dengan BPBD Sigi untuk mengantisipasi dampak yang lebih besar akibat banjir yang terjadi," tambahnya.