Pemkab Morut operasikan RS Pratama Baturube layani dua kecamatan

id Sulteng,Sandi,Palu,Ppkm

Pemkab Morut  operasikan RS Pratama Baturube layani dua kecamatan

Bupati Morut dr. Delis Julkarson Hehi (kiri) meninjau RS Pratama Baturube di Desa Baturube Kecamatan Bungku Utara, Selasa (24/5). Rumah sakit itu ditargetkan mulai beroperasi melayani masyarakat pada bulan Juli 2022 mendatang. ANTARA/HO-Media Center Pemkab Morut

Morowali Utara (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Morowali Utara (Morut) Provinsi Sulawesi Tengah segera mengoperasikan Rumah Sakit (RS) Pratama Baturube di Desa Baturube untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada warga Kabupaten Morut.
 

Utamanya warga di Kecamatan Bungku Utara dan Kecamatan Mamosalato agar mereka tidak perlu lagi menempuh jarak yang cukup jauh dan memakan waktu lama untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, kata Bupati Morut dr Delis Julkarson Hehi, Sabtu.

 

" Dalam waktu tidak terlalu lama, sekitar bulan Juli. rumah sakit ini akan beroperasi melayani masyarakat yang datang berobat, memeriksakan kondisi kesehatannya, mendapat perawatan dan sebagainya," kata Delis Julkarson Hehi.

 

Ia menjelaskan ada beberapa kendala mendasar yang membuat RS Pratama Baturube hingga kini belum dapat dioperasikan meliputi penyediaan daya listrik, izin operasional dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang sampai saat ini belum keluar.

 

"Dan tenaga kesehatan meliputi dokter, perawat, bidan, dan tenaga lainnya termasuk kepala rumah sakit yang belum lengkap. Izin-izin yang diperlukan belum bisa diurus kalau kepala rumah sakitnya belum ada,"ujarnya.

 

Delis menyatakan dengan beroperasinya RS Pratama Baturube maka makin banyak warga yang dapat tersentuh dengan layanan kesehatan di Kabupaten Morut .

 

Terlebih warga yang tinggal di daerah pelosok di dua kecamatan itu yang kerap terkendala kendaraan dan jarak untuk dapat menuju Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kolonodale di ibu kota Kabupaten Morut.