Wali Kota Palu harap Paskibraka jangan buat kesalahan saat bertugas

id Paskibraka, walikotapalu, Hadianto Rasyid, Pemkotpalu, Sulteng, Dispora palu, HUT RI, hari kemerdekaan

Wali Kota Palu  harap Paskibraka jangan buat kesalahan saat bertugas

Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid menyalami anggota Paskibraka setelah dikukuhkan, Minggu (14/8/2022). ANTARA/HO-Humas Pemkot Palu

Palu (ANTARA) -
Wali Kota Palu, Sulawesi Tengah Hadianto Rasyid berharap kepada Paskibraka sangat membuat kesalahan saat menjalankan tugas menaikkan dan menurunkan bendera merah putih di puncak peringatan HUT ke-77 RI pada tanggal 17 Agustus 2022.
 
"Kesalahan kecil akan berakibat fatal, oleh karena itu siapkan mental dan pusatkan konsentrasi melaksanakan tugas mulai ini," kata Hadianto saat mengukuhkan Paskibraka Kota Palu di Palu, Minggu.
 
Menurut dia, tugas diemban Paskibraka bukan hal mudah, sebab dalam pelaksananya dibutuhkan kerja sama tim dalam menyerasikan tindakan di lapangan dan mereka yang bertugas adalah orang-orang terlatih.
 
Selain itu, kedisiplinan dalam berlatih juga menjadi kunci keberhasilan, sehingga dibutuhkan kelihaian dalam bertindak bila sewaktu-waktu situasi berubah guna meminimalisir insiden-insiden kecil yang justru dapat mengganggu jalannya pengibaran bendera.
 
"Saya berharap para pihak yang terlibat pada puncak perayaan hari kemerdekaan nanti bisa membangun kolaborasi yang baik, karena kesuksesan pengibaran bendera merah putih nanti ada di tangan mereka yang bertugas di lapangan," ujar Hadianto.
Anggota Paskibraka berjalan dalam barisan dengan langkah tegap setelah dikukuhkan Wali Kota Palu, Minggu (14/8/2022). ANTARA/HO-Humas Pemkot Palu
Ia mengemukakan, pada momen hari besar nasional ini sudah sepatutnya rakyat merefleksi kembali perjuangan parah pahlawan yang memerdekakan bangsa dan negara.
 
Olehnya, dengan mengingat kembali sejarah kemerdekaan diharapkan semangat jiwa nasionalisme anak bangsa semakin tumbuh mencintai tanah air.
 
"Anggota Paskibraka haru menjadi teladan dalam bertindak dan bersikap memberikan contoh yang baik kepada pemuda-pemuda bangsa sebagai generasi penerus serta memberikan kebanggaan terhadap masyarakat luas," tutur Hadianto.
 
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Palu Usman mengemukakan, setelah anggota Paskibraka dikukuhkan, selanjutnya mereka menjalani karantina sebagai penguatan fisik dan mental sebelum menunaikan tugas.
 
"Selama dua hari masa karantina, materi-materi yang mereka dapat selama empat bulan berlatih dievaluasi, termasuk memantau kondisi kesehatan. Anggota Paskibraka juga sudah melakukan vaksinasi COVID-19," kata Usman.