Sigi gelar upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI di Kulawi

id Wakil Bupati Sigi,Samuel Pongi,Pemkab Sigi,HUT Ke77 kemerdekaan RI,Hut kemerdekaan tahun 2022

Sigi  gelar upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI di Kulawi

Wakil Bupati Sigi Samuel Yansen Pongi mengukuhkan Paskibraka yang akan bertugas mengibarkan Bendera Merah Putih, di Kulawi, Selasa (16/8/2022). ANTARA/HO-Dokumentasi pribadi

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, menggelar upacara puncak peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI di Desa Bolapapu, Kecamatan Kulawi, untuk menumbuhkan optimisme dan semangat warga di wilayah terpencil terhadap NKRI.

"Iya, tahun ini upacara puncak peringatan HUT Kemerdekaan RI kami laksanakan di Kulawi," ucap Wakil Bupati Sigi Samuel Yansen Pongi, di Sigi, Selasa.

Upacara Puncak Peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI akan dimulai sekitar pukul 08.00 Wita, diikuti seluruh aparatur sipil negara (ASN) lingkup Pemkab Sigi, pimpinan dan anggota DPRD Sigi, serta Forkompimda Sigi dan para mitra.

Samuel mengatakan, Pemkab Sigi juga mengikutsertakan pelajar semua jenjang pendidikan di Kulawi dalam upacara tersebut, termasuk seluruh pemerintah desa dan perangkat, tokoh adat, tokoh agama, tokoh pemuda, dan tokoh perempuan.

"Tujuannya adalah untuk memupuk semangat nasionalisme ke jiwa masyarakat," ujar Samuel.

"Untuk persiapan semua sudah siap, Paskibraka juga sudah siap dan sudah kami kukuhkan, dan malam ini semua ASN Sigi sudah berada di Kulawi untuk mengikuti upacara pada Rabu pagi (17/8)," ungkapnya.

Kata dia, untuk memeriahkan peringatan HUT Kemerdekaan RI tahun 2022, Pemkab Sigi bersama para pihak menggelar berbagai kegiatan penunjang di antaranya temu bicara kopi, dan lomba-lomba yang dilaksanakan oleh berbagai organisasi perangkat daerah.

"Selain itu, Pemkab Sigi juga akan menggelar rapat bersama majelis adat Kulawi," ungkapnya.

Kulawi, Kulawi Selatan, Pipikoro dan Lindu, termasuk sebagai wilayah terpencil dan sulit dijangkau, karena minimnya infrastruktur jalan dan jembatan yang menjadi akses utama transportasi menuju wilayah tersebut.

"Pemerintah Kabupaten Sigi terus berupaya mendorong pembangunan daerah di wilayah-wilayah terpencil sebagai bentuk pemerataan pembangunan, untuk percepatan pembangunan kesejahteraan," kata Samuel.
Wakil Bupati Sigi Samuel Yansen Pongi saat meninjau longsor yang terjadi di wilayah Kulawi dan Pipikoro, di Sigi, Ahad (31/7/2022). ANTARA/HO-Media Center Samuel Pongi