Rusady Mastura sambut baik kehadiran para tamu Haul Guru Tua

id Haul Guru Tua,Alkhairaat,Habib Idrus Bin Salim Aljufri,Pemprov Sulteng,Gubernur Sulteng,Rusdy Mastura,Gubernur Sulteng s

Rusady Mastura sambut baik kehadiran para tamu Haul Guru Tua

Pedagang menjajakan poster Guru Tua atau Sayyid Idrus bin Salim Aljufri pada peringatan hari wafat (Haul) ke-51 tahun di Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu (15/6/2019). (ANTARA/Basri Marzuki)

Palu (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura menyambut baik kehadiran para tamu Haul Pendiri Alkhairaat Habib Sayyid Idrus Bin Salim Aljufri atau yang lebih dikenal dengan sebutan Guru Tua, di Kota Palu.

"Atas nama Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dan seluruh masyarakat, saya mengucapkan selamat datang kepada seluruh tamu, masyarakat dan abnaulkhairaat pada Haul Guru Tua," kata Rusdy Mastura, di Palu, Senin.

Haul Guru Tua akan dilaksanakan di Kawasan Wisata Religi (KWR) di Kota Palu, di Kompleks Alkhairaat, Jalan Sis Aljufri, pada Rabu 3 Mei 2023.

Panitia Haul Guru Tua mengemukakan bahwa para tamu dari berbagai daerah di Tanah Air dan mancanegara mulai berdatangan di Kota Palu.

Panitia memperkirakan Haul Guru Tua Tahun 2023 ini dihadiri sekitar 75.000 sampai 100.000 umat Islam.

"Haul tahun ini akan lebih meriah, lebih ramai, karena tidak ada lagi pemberlakuan social distancing akibat COVID-19," kata Ketua Panitia Haul Guru Tua, Habib Hasan Alhabsyi, di Palu, Senin.

Gubernur Sulteng menilai kehadiran para tamu Haul Guru Tua, menjadi satu simbol adanya hubungan kemanusiaan dan emosional yang baik antar masyarakat dengan Alkhairaat, sekaligus antarmasyarakat dengan Provinsi Sulawesi Tengah.

"Sehingga kami berharap lewat momentum Haul Guru Tua hubungan kemanusiaan terus terjalin dengan baik antarsesama manusia dari semua penjuru daerah yang berkumpul serentak di Alkhairaat," imbuhnya.

Gubernur juga berharap lewat momentum haul, masyarakat dapat memaknai nilai perjuangan Guru Tua, yang kemudian diimplementasikan dalam kehidupan sosial demi menopang percepatan pembangunan kemaslahatan umat.

Selain untuk mengenang perjuangan Guru Tua, ujar dia, haul juga menjadi refleksi bersama untuk mengembangkan pendidikan dan menyebarkan Islam rahmatan lilalamin, dalam rangka membangun daerah.

"Atas nama Pemerintah Provinsi Sulteng mendukung penuh pelaksanaan Haul ke 55 Guru Tua tahun 2023," ucapnya.
Gubernur Sulawesi Tengah H Rusdy Mastura (ANTARA/Muhammad Hajiji)