Pakar : Islam Dan Kristen Banyak Kesamaan

id sinode

Pakar : Islam Dan Kristen Banyak Kesamaan

Ketua MUI Kota Palu Prof. Dr. Zainal Abidin, MAg, saat memberikan materi pada sidang sinode ke 46 GKST Palu si Hotel Mercure Palu, kamis (17/11) ()

Palu,  (antarasulteng.com) - Pakar Pemikiran Islam Modern dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah, Prof.Dr.H. Zainal Abidin, M.Ag menyatakan Islam dan Kristen adalah dua agama besar di Indonesia yang memiliki banyak kesamaan.

"Jika melihat dan mengkaji secara seksama kedua agama ini, maka terdapat banyak kesamaan di dalamnya," ungkap Prof. Zainal Abidin saat menyampaikan materi pada Sidang Sinode Ke-46 di Grand Hall Mercure Hotel Palu, Jumat.

Ia mengatakan kesamaan tersebut meliputi kesamaan salam dan doa atau mendoakan seseorang atau sekelompok orang atas suatu kegiatan untuk diberkahi Tuhan.

Misalkan, urai dia, pemeluk agama Kristen menjawab atau menyapa dengan salam dengan sebutan shalom atau salam damai sejahtera. Ucapan tersebut memiliki kesamaan dengan Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Dua kalimat tersebut mengandung makna dan arti yang sama, yaitu sama-sama mendoakan seseorang atau sekelompok orang untuk mencapai kebaikan.

Selain kalimat tersebut, urai dia, juga terdapat sebutan Tuhan memberkati yang digunakan oleh umat Kristen. Kalimat tersebut memiliki kesamaan dengan Barakallahu, yang arti dan maknanya sama seperti kalimat yang digunakan oleh kaum Kristen.

"Perbedaan itu hanya dari segi dialek atau dari segi bahasa. Misalkan yang satu menggunakan bahasa Arab sementara yang satu menggunakan bahasa Indonesia," ujarnya.

Ia menyebutkan bahwa perbedaan-perbedaan tersebut tidak perlu dipersoalkan atau diperdebatkan, karena tidak menjadi substansi dalam agama.

Olehnya, sebut dia, untuk membangun kerukunan dalam keberagaman dibutuhkan wawasan yang luas dalam memahami ajaran-ajaran dan simbol-simbolnya.

"Perbedaan itu terjadi bukan karena keinginan manusia, melainkan karena sunnatullah. Olehnya, biarkan sunnatullah itu berjalan sesuai dengan yang dikehendakinya," sebutnya.