Sulteng Gelar Pameran Cokelat Produk Ikm Lokal

id coklat

Sulteng Gelar Pameran Cokelat Produk Ikm Lokal

Coklat (FOTO ANTARA/Iggoy el Fitra)

Palu,  (antarasulteng.com)- Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah akan menggelar pameran hasil industri pengolahan cokelat di Mall Ramayana Palu, 25 November 2016, sebagai upaya promosi produk-produk unggulan daerah ini.

"Pameran ini adalah untuk kedua kalinya dilakukan Pemprov Sulteng, dan diharapkan berdampak pada hasil penjualan para pelaku usaha," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan setempat, Abubakar Almahdali di Kota Palu, Kamis.

Ia mengatakan pameran yang akan dibuka Gubernur Sulteng Longki Djanggola itu akan diikuti 45 pelaku usaha industri kecil menengah (IKM) dari sejumlah kabupaten dan kota, tetapi terbanyak di Palu, Ibu Kota Provinsi Sulteng.

Kegiatan ini untuk mengenalkan kepada masyarakat bahwa Sulteng sudah memiliki industri pengolahan dari buah kakao menjadi cokelat yang siap dipasarkan dan dikonsumsi masyarakat.

Sulteng sejak 2015 telah berhasil memproduksi cokelat dari biji kakao asli produksi petani di daerah itu, bahkan untuk mendorong tumbuhnya IKM di Sulteng, pihaknya pada 2015 juga membangun rumah cokelat dengan produksi masih terbatas.

Rumah cokelat yang dibangun di Kota Palu tersebut hingga kini masih terus berjalan atau berproduksi dan hasil produksi sudah dipajang di toko-toko, swalayan dan mall di Sulteng.

Rumah cokelat Sulteng diresmikan oleh Menteri Perindustrian Saleh Husin pada 2015.

Menperind saat itu memberikan apresiasi yang tinggi kepada Pemprov Sulteng yang dinilainya sangat peduli terhadap pengembangan industri kecil dan menengah (IKM), khususnya dlam pengolahan biji kakao menjadi bahan makanan.

"Kehadiran rumah cokelat ini menggambarkan keseriusan Gubernur Sulteng Longki Djanggola terhadap kemajuan dan perkembangan usaha, termasuk di dalamnya IKM yang bergerak khusus dalam pengolahan bahan makanan dari biji kakao," kata dia.