Dewan Keamanan PBB adakan konsultasi tentang Korut minggu ini

id Korea Selatan,Korea Utara,Dewan Keamanan PBB,PBB

Dewan Keamanan PBB adakan konsultasi tentang Korut minggu ini

Ilustrasi - Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) mengadakan sidang. (ANTARA/Xinhua.)

Seoul (ANTARA) - Dewan Keamanan (DK) PBB akan menggelar konsultasi mengenai Korea Utara pada minggu ini, menurut situs PBB pada Kamis.


DK PBB dijadwalkan mengadakan konsultasi "tertutup" pada pukul 10 pagi hari Kamis (waktu New York) mengenai isu-isu Korea Utara, non-proliferasi dan masalah lainnya, menurut situs tersebut.

Korea Selatan, bersama dengan Amerika Serikat dan Jepang, disebutkan telah meminta konsultasi tersebut.

Pertemuan tersebut menandai pertemuan pertama DK PBB yang membahas Korea Utara sejak Seoul memulai masa jabatan dua tahun sebagai anggota tidak tetap pada tahun ini.

Korea Selatan diperkirakan akan memperluas posisinya di badan PBB tersebut untuk mengatasi masalah Korea Utara dan tantangan keamanan lainnya dengan lebih baik selama masa jabatannya.

Dalam pertemuan tersebut, anggota DK PBB kemungkinan akan membahas peningkatan kerja sama militer Korea Utara dengan Rusia dan provokasi terbarunya.

Pada Minggu, Korea Utara menembakkan rudal balistik jarak menengah berbahan bakar padat yang membawa hulu ledak hipersonik, peluncuran rudal pertamanya sejak menembakkan rudal balistik antarbenua berbahan bakar padat Hwasong-18 pada 18 Desember.

Sumber: Yonhap-OANA