IAIN upayakan semua Prodi terakreditasi Predikat-A

id Iain

IAIN upayakan semua Prodi terakreditasi Predikat-A

Rektor IAIN Palu Prof Dr H Saggaf S Pettalongi MPd melantik sembilan pejabat di lingkungan perguruan tinggi Islam negeri tersebut, Rabu (10/1). (Muhammad Hajiji/antarasulteng.com)

Palu, (Antaranews Sulteng) - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah, mengupayakan semua program studi, jurusan dan fakultas untuk terakreditasi dengan predikat A.

Rektor IAIN Palu Prof Dr H Saggaf S Pettalongi MPd mengemukakan akreditasi predikat A pada semua program studi, jurusan pada fakultas merupakan upaya untuk menuju akreditasi institut dengan predikat-A.

"Lembaga perguruan tinggi Islam negeri ini, kami targetkan untuk meraih predikat-A pada tahun 2.020," ungkap Prof Saggaf S Pettalongi MPd di Palu, Senin.

Prof Saggaf Pettalongi meminta kepada bagian keuangan untuk menyusun anggaran kegiatan berbasis peningkatan mutu civitas akademik, salah satunya yaitu menganggarkan program upaya untuk akreditasi.

"Kepada bagian keuangan dan perencanaan saya telah meminta agar mereka menganggarkan akreditasi, agar program studi yang akreditasi predikat-B dapat dilakukan reakreditasi menjadi predikat-A," ujarnya.

Menurut Saggaf, capaian akreditasi predikat-A pada semua program studi dan jurusan, merupakan salah satu capaian mutu akademik.

Karena itu dibutuhkan tenaga-tenaga yang terampil, profesional untuk mengelola prodi, jurusan disetiap fakultas agar indikator capaian mutu akademik dapat terealisasi.

Salah satu upaya yang dilakukan oleh Prof Dr Saggaf Pettalongi yaitu, melantik 45 pelaksana akademik dilingkungan IAIN Palu.

"Saya minta kepada pelaksana akademik, dekan, wakil-wakil dekan, ketua jurusan dan prodi, agar memperhatikan hal tersebut dan berupaya untuk akreditasi predikat-A. Kalau semua prodi tidak dapat akreditasi predikat-A, maka minal 50 persen dari total semua prodi dan jurusan atau paling sedikit 1/3 dari prodi," ujarnya.

Kata dia, terakreditasnya prodi, jurusan dengan predikat-A, tidak hanya menjadi salah satu indikator capaian mutu melainkan memberikan dampak yang luas terhadap profesi akademisi oleh tenaga kependidikan dan pendidik di IAIN Palu.

Sebelumnya, Prof Saggaf Pettalongi MPd melantik 45 pelaksana akademik pada Jumat (12/1) di Auditorium perguruan tinggi Islam negeri tersebut.