Pengamat: kedekatan Romahurmuziy isyaratkan jadi pasangan Jokowi

id jokowi

Pengamat: kedekatan Romahurmuziy isyaratkan jadi pasangan Jokowi

Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhammad Romahurmuziy dengan Presiden Joko Widodo (youtube.com)

Romy termasuk dalam figur politikus muda yang bisa menjadi representasi generasi milenial
Jakarta,  (Antaranews Sulteng) - Pengamat politik Syarifuddin Asrori menyebut kedekatan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhammad Romahurmuziy dengan Presiden Joko Widodo memunculkan spekulasi sebagai isyarat dapat menjadi pendamping Jokowi menghadapi Pemilu 2019. 
"Kedekatan Mas Romy (panggilan akrab M. Romahurmuziy) dengan Pak Jokowi merupakan isyarat tersendiri. Apalagi, ada lembaga survei yang menyebut Romy menjadi salah satu dari lima tokoh muda Islam yang layak diusung sebagai calon wakil presiden," kata pengamat politik Syarifuddin Asrori ketika dihubungi melalui telepon selulernya di Jakarta, Minggu malam.
Menurut Asrori, Romy yang berlatar belakang santri merepresentasikan kemajemukan masyarakat Indonesia sehingga dapat menjadi figur ideal untuk mendampingi Joko Widodo pada Pemilu Presiden 2019.
Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menilai Romy dapat menjadi pasangan ideal bagi Jokowi pada kontestasi Pemilu Presiden 2019.
"Romy termasuk dalam figur politikus muda yang bisa menjadi representasi generasi milenial," katanya.
Di sisi lain, kata dia, Jokowi juga membutuhkan figur pendamping yang dapat menerjemahkan visi dan misinya tentang pembangunan nasional yang konkret demi meningkatkan kesejahteraan rakyat.
"Kriteria itu salah satunya ada pada sosok Romy," katanya.
Sebelumnya, Romy tampak terlihat mendampingi Jokowi dalam dua agenda penting presiden, Sabtu (3/2).
Pertama, Romy mendampingi Presiden Jokowi saat meresmikan lapangan tenis terbuka dan tertutup di kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (3/2).
Kedua, Romy mendampingi Presiden Joko Widodo saat menghadiri Haul Majemuk Masyayikh di Pondok Pesantren Salafiyah Safi'iyah Sukorejo, Situbondo, Sabtu (3/2).